Melihat Tol Cipali dari Udara

By Sukrisna [cak KRIS], Selasa, 7 Juli 2015 | 04:45 WIB
Sebagai modal melintas Tol Cipali, wajib tonton video di bawah. (Sukrisna [cak KRIS])

Tabloidnova.com -  Meski Anda masih "buta" soal Tol Cipali, tak perlu ragu untuk menjajalnya saat mudik nanti. Di internet  banyak sekali informasi menganai Tol Cipali baik berupa informasi teks, gambar atau video. Cukuplan informasi itu sebagai modal. Modal yang lain adalah tetap waspada dan hati-hati mengingat banyak terjadi kecelakaan di tol ini.

Salah satu tayangan video yang cukup lengkap soal Tol Cipali adalah kreasi Kementerian Pekerjaan Umum yang diunggah di Youtube,19 Juni lalu.  Video berdurasi hampir 10 menit itu sudah memberi gambaran lengkap bagaimana kondisi jalan yang diharapkan bisa menjadi solusi mengatasi kemacetan setiap kali musim mudik tiba.

Video itu makin informatif dengan penambahan peta jalan tol dari Karawang hingga Cirebon lengkap dengan kursor sebagai pengganti mobil yang melaju di Tol Cipali.

Tanyangan dibuka dengan gambaran Interchange Cikampek. Opening ini sangat tepat karena pengguna Tol Cipali rata-rata dari Jakarta. Selanjutnya di KM 73 Anda akan melewati Gerbang Cikopo. Setelah melanju 25 km Anda akan menjumpai Interchange Kali Jati. Di sini juga ada rest area tipe B yang hanya tersedia masjid, restoran, dan toilet. Namun bila Anda ingin mengisi bahan bakar, silakan melanjutkan perjalanan di KM 102. Hingga di KM 012 di kiri kanan tampak perkebunan.

Begitu masuk KM 110 pemandangan mulai beragam. Ada persawahan, lahan kosong, hingga perkebunan, dan di ujung timur Tol Cipali, Anda akan disuguhi perbukitan kapur.  Yang jelas sama adalah di semua lokasi tersebut adalah tak ada pohonpeneduh. Jadi bila Anda jalan siang hari, pastikan membawa kaca mata hitam.

Fasilitas di rest area sepertinya juga belum sempurna. Walau bisa dipastikan tidak seperti yang ada ditayangan tersebut, Tentu sudah ada penyempurnaan dan penambahan-penambahan fasilitas-fasilitas di rest area.