Fatin dan Novita, Dua-duanya Pantas Jadi Juara

By nova.id, Rabu, 29 Mei 2013 | 03:45 WIB
Fatin dan Novita Dua duanya Pantas Jadi Juara (nova.id)

Fatin dan Novita Dua duanya Pantas Jadi Juara (nova.id)

"Kedua finalis XFI membuka Result Show dengan membawakan lagu Reach milik Gloria Estefan diiringi ke-11 kontestan lainnya. (Foto: Eng Naftali / NOVA) "

Juara ajang X Factor Indonesia (XFI) telah ditentukan. Berkat dukungan masyarakat, Fatin Shidqia Lubis sukses membawa pulang mahkota kemenangan. Tangis haru hingga tawa bahagia menghiasi detik-detik berakhirnya perjuangan para kontestan XFI selama enam bulan. Tiba di babak akhir, tak hanya Fatin, semua kontestan pantas menyebut diri sebagai juara.

Traktiran & Liburan

Bukan hanya Fatin dan Novita saja yang bersaing mendapatkan gelar juara, para fans pendukung masing-masing kubu pun ternyata bersaing ketat memberikan semangat untuk para idolanya. Banyak dari mereka sudah berkumpul sejak sore, lengkap dengan "alat perang" masing-masing.

Pendukung Fatin alias Fatinistic (Fatin Idol Save The Incredible Characteristic) dipimpin Ketua Fans Club Fatinistic, Robi Muliawan, yang menggagas akun Twitter @Fatinisic yang kini memiliki 16 ribu anggota. Kata Robi, fans Fatin sudah tersebar secara nasional dan internasional. "Fatinistic ada yang dari Malaysia, Korea, Jepang, sampai Thailand," ungkapnya.

Melalui Robi, Fatin sempat mengemukakan rasa terima kasihnya. "Fatin sangat berterima kasih dan ia berjanji akan menraktir Fatinistic kalau saja ia menang. Kami pegang janji itu," ungkapnya. Rencananya, acara traktiran itu akan digelar pada akhir Juni, bertepatan dengan gathering nasional Fatinistic.

Selain penggemar Fatin, penggemar Novita yang menyebut dirinya Dewinner, datang berbondong-bondong dari Jakarta, Bandung, dan Medan. Adventure, adik Novita mengaku, selalu memberi semangat kepada kakaknya. "Ada saja orang yang menganggap Kak Novita tidak pantas masuk XFI, tapi kami hanya memberi nasihat agar dia tidak meladeni," ungkapnya. Usai ajang bergengsi ini digelar, Novita dan tim sukses termasuk Dewinner akan berlibur bersama ke Bali guna merayakan keberhasilan Novita.

Tak Bisa Dijelaskan

Kemenangan Fatin adalah kemenangan juga bagi Rossa. Ia merasa tak perlu mempermasalahkan siapa yang menang atau kalah. "Buat saya, Fatin ataupun Novita, dua-duanya memang pantas jadi juara," ungkap Rossa membuka kebahagiaannya. "Semoga ke depannya Fatin dan Novita bisa profesional karena kesuksesan itu tidak hanya dari suara tapi banyak hal lainnya, carilah. Saya berharap keduanya bisa mencari jalan dan meraih kesuksesan seperti para seniornya," tambah Rossa.

Di sisi lain, Bebi justru tak kecewa dengan kenyataan bahwa Novita hanya bisa menyabet juara dua. "Sebenarnya aku sudah bahas ini bersama Dhani sejak semalam. Memang ada dua opini tentang mereka berdua yang berbeda. Tapi pada akhirnya kembali ke masyarakat melalui polling SMS. Semoga masyarakat bisa menerima pemenang seperti Fatin yang kuat di karakter suara dibanding tekniknya," ungkapnya.

Dengan nada bergurau, Ahmad Dhani coba menjabarkan teka-teki kemenangan Fatin. "Memang acara ini namanya X Factor, sesuatu yang tak bisa dijelaskan. Kalau Novita juara, itu bisa dijelaskan nyanyinya bagus dan tidak pernah fals. Tapi ini X Factor, jadi kemenangan Fatin tak bisa dijelaskan," ucapnya sambil tersenyum, disambut tundukan malu Fatin.

Dorris Jane Nainggolan