Dhanny Dahlan Berbagi Tips Memilih Tenun Untuk Lebaran

By nova.id, Minggu, 30 Juni 2013 | 09:06 WIB
Dhanny Dahlan Berbagi Tips Memilih Tenun Untuk Lebaran (nova.id)

Dhanny Dahlan Berbagi Tips Memilih Tenun Untuk Lebaran (nova.id)

"Foto: Okki "

Model senior, pemerhati budaya, sekaligus pengurus Cita Tenun Indonesia (CTI), Dhanny Dahlan, berbagi cerita serta tips agar masyarakat Indonesia umummnya lebih peduli dengan eksistensi tenun. Bahan tenun yang mayoritas tebal, bisa saja digunakan saat Idul Fitri di tempat yang beriklim tropis. Bagaimana caranya?

"Bisa dijadikan baju. Atas pakai tenun Garut yang lebih tipis, bawah pakai tenun Sumba yang agak tebal, asal padu padannya manis. Memang pilihannya ada, ada yang lembut dan tebal," ucap Dhanny yang ditemui tabloidnova.com di perhelatan Jakarta Islamic Fashion Week 2013, Cendrawasih Room, JCC, Jakarta, Minggu (30/6).  Perancang busana kawakan Denny Wiryawan juga ikut memberi tips bagaimamna mengenakan tenun berbahan tebal bagi mereka yang memiliki bentuk tubuh tak proporsional.

"Kain tenun memang pada umumnya emang tebal, seperti yang saya kerjakan ini tenun Sumba. Imej untuk busana lebaran itu panjang dan tertutup, itu bisa kita siasati dengan rok panjang atau tunik dan jaket pendek, atau celana panjang tunik semata kaki dan jaket, jadi enggak semua pajang. Itu untuk menutupi beberapa bagian tubuh semisal pinggang," jelas Denny.

 Okki/Tabloidnova.com