Bahan Alami Ini Bisa Mengatasi Kulit Terbakar Karena Matahari

By Alsabrina, Sabtu, 12 Mei 2018 | 15:00 WIB
Bahan alami untuk mengatasi kulit terbakar karena matahari. (Youngoldman)

NOVA.id – Tak tanggung, untuk merawat kecantikan wajah, apapun digunakan. Mulai dari menggunakan krim pagi dan malam, serum, bahkan menggunakan pelembap untuk melindungi wajah dari sinar UV.

Namun, tak jarang juga wajah sering mengelupas karena terbakar matahari. Jika sudah seperti itu, kita pun akan memberi krim atau pelembap untuk meredam kulit yang terbakar.

(Baca juga: Rawat Kecantikan Kulit Tak Perlu Mahal, Pakai Bahan Organik Saja!)

Apabila kamu kehabisan krim kulit untuk “menenangkan” kulit yang terbakar matahari, bisa banget nih gunakan bahan ini!

Seperti yang NOVA.id kutip dari Good Housekeeping, menurut dokter kulit dan dermatopathologist New York, Dr. Adarsh ​​Vijay Mudgil, mengompres muka dengan susu dingin bisa mempercepat penyembuhan luka bakar di wajah akibat matahari.

Susu (pong-photo9)

(Baca juga: Duh! Berhenti Lakukan 5 Kesalahan Saat Membuat Alis Ini, Bikin Wajah Jadi Terlihat Tua)

"Dalam sengatan matahari, DNA Anda rusak oleh sinar UV, yang dapat menyebabkan sel kulit mati," ujar Dr. Mudgil menjelaskan, "Ini pada gilirannya mengarah pada pelepasan protein pro-inflamasi yang menyebabkan kemerahan, peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit".

Dr. Mudgil menyarankan untuk kompres wajah dengan susu skim. “Cobalah rendam kain lap ke dalam susu skim dan menggunakannya sebagai kompres dingin,” kata Dr. Mudgil.

(Baca juga: Jangan Salah Kaprah, Susu Bukanlah Penawar Racun!)

"Susu dingin membantu mendinginkan kulit," Dr. Mudgil menjelaskan, "Vitamin A dan D dalam susu adalah antioksidan, yang dapat membantu membantu penyembuhan kulit. Asam laktat dalam susu dapat membantu mengelupas beberapa sel kulit mati."

Jika kamu kehabisan susu, bisa juga menggunakan yogurt, teh hitam, oatmeal, dan aloevera. Empat bahan selain susu ini memiliki kandungan antioksidan sehingga membantu mengatasi peradangan.