Riri Riza Angkat Problematika Pengungsi

By nova.id, Rabu, 7 November 2012 | 03:30 WIB
Riri Riza Angkat Problematika Pengungsi (nova.id)

Riri Riza Angkat Problematika Pengungsi (nova.id)

"Foto: Isna/NOVA "

Duet Riri Riza dan Mira Lesmana kembali melahirkan film Atambua 39 Derajat Celsius. Riri dan Mira mengangkat cerita dengan latar belakang kehidupan pengungsi di perbatasan RI dan Timor Leste.

Riri dan Mira berusaha mengingatkan kembali pada masyarakat Indonesia bahwa film bukan hanya milik warga kota besar yang selama ini digunakan sebagai lokasi syuting. Riri tertarik memfilmkan kehidupan pengungsi yang terpisah dengan keluarga yang memilih menetap tinggal di Timor Leste.

"Pendekatannya memang  film yang realis, berusaha apa yang ada d lapangan, lokasi menjadi background dalam proses. Pemainnya juga benar-benar pengungsi, yang mengalami bagaimana dulu eksodus," jelas Riri.

Soal pemilih judul dengan 39 derajat, Riri juga punya alasannya. Menurutnya 39 derajat merupakan titik didih suhu manusia.

"Kalau kita panas sampai 39 derajat, itu sudah harus dibawa ke rumah sakit, kalau lebih bisa step. 39 derajat ini pula yang menggambarkan bagaimana emosi para pengungsi dengan segala probematikanya," pungkas Riri.Isna