Negeri 5 Menara The Movie, Aksi Pasukan "Man Jadda Wajada"

By nova.id, Kamis, 2 Februari 2012 | 05:18 WIB
Negeri 5 Menara The Movie Aksi Pasukan Man Jadda Wajada (nova.id)

Negeri 5 Menara The Movie Aksi Pasukan Man Jadda Wajada (nova.id)

"Foto: Adrianus Adrianto/Nova "

Negeri 5 Menara The Movie (N5MTM) siap tayang pada 1 Maret nanti. Film ini diangkat dari novel best seller Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Skenario N5MTM digarap oleh Salman Aristo. N5MTM bertutur tentang perjalanan hidup tokoh Alif selulus SMP di Bukit Tinggi. Di luar dugaan, Alif harus masuk ke Pondok Madani, sebuah pesantren di sudut Ponorogo, Jawa Timur. Alif melakukan ini dengan setengah hati demi memenuhi permintaan orangtuanya.

Ketika Alif tiba di Pondok Madani, hatinya kian remuk. Di matanya tempat itu benar-benar "kampungan" dan mirip penjara. Ditambah adanya peraturan-peraturan yang ketat dan keharusan seperti ia mundur setahun untuk kelas adaptasi. Jadi, ketika sahabatnya Randai sudah kuliah, ia masih setara kelas 3 SMA.

Awalnya Alif lebih sering menyendiri. Namun seiring berjalannya waktu, Alif mulai bersahabat dengan teman-teman satu kamarnya, Baso dari Gowa, Atang dari Bandung, Raja dari Medan, Said dari Surabaya, dan Dulmajid dari Madura. Mereka berenam selalu berkumpul di menara masjid dan menamakan diri Sahibul Menara alias para pemilik menara.

Suasana kian menghangat di kelas pertama, saat Alif tersentak akibat teriakan penuh semangat seorang ustaz: Man Jadda Wajada! Arti kata itu adalah siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. "Mantra" ini lah yang menambah motivasi keenam anak itu untuk bermimpi.

Para pemain Alif Cs semasa SMA di film ini merupakan wajah-wajah baru. Yakni Gazza Zubizzaretha, Ernest Samudera, Billy Sandi, Rizki Ramdani, Aris Adnanda Putra, dan Jiofani Lubis. Pemain senior yang terlibat di antaranya Donny Alamsyah, Andhika Pratama, David Chalik, Lulu Tobing, Mario Irwinsyah, dan Ikang Fawzi. Sementara Affandi Abdul Rachman dipercaya sebagai sutradara N5MTM.

Tarmizi