Syuting di Thailand, Ungu Kesulitan Bahasa

By nova.id, Selasa, 13 September 2011 | 05:55 WIB
Syuting di Thailand Ungu Kesulitan Bahasa (nova.id)

Syuting di Thailand Ungu Kesulitan Bahasa (nova.id)

"Foto: Okki "

Band Ungu yang digawangi oleh Pasha (vokal), Onci (gitar), Makki (bas), Enda (gitar), dan Rowman (drum), baru saja menuntaskan kewajiban untuk membuat video klip keempat mereka berjudul 'Dia atau Diriku'. Tak seperti biasanya, Ungu memilih untuk melakukan proses syuting di negeri gajah putih, Thailand. "Kita syuting di Bangkok, Thailand. Sutradara dan semua kru kita pakai di sana, biar berbeda saja. Kita pengin secara keseluruhan berbeda," kata Pasha saat dijumpai di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (13/9) siang.

Sudah puluhan lagu yang diciptakan Ungu. Sudah tak terhitung pula video klip yang sudah dihasilkan, namun bagi Pasha, video klip yang baru saja digarap di Thailand itu adalah klip terbaik mereka. "Saya suka banget secara gambar bagus, itu selera kita. Dari semua klip yang pernah kita bikin ini yang terbaik. Menurut kita sih ambil anglenya juga bagus," kata Pasha mengomentari klip barunya.

Dikatakan Pasha, secara teknis ia tak merasakan kesulitan yang berarti, namun ada kendala yang lebih besar yakni masalah bahasa. Pasalnya, tak ada satupun personil Ungu yang mengerti bahasa Thai yang menjadi bahasa resmi negara Thailand. Bahkan, kemampuan berbahasa Inggris kelima personil Ungu pun terbatas. "Sutradaranya bisa bahasa Inggris. Tapi kita ngomongnya enggak ngerti banget. Mungkin komunikasi yang paling bermasalah, yang bisa bahasa Inggris cuma sutradara. Saya dan model enggak bisa komunikasi," kata Pasha tertawa. "Biasanya kan kita komunikasi, ya penghalangnya karena komunikasi. Makanan juga susah, pengin gorengan juga susah," katanya.

Okki