Indro Warkop Tak Persoalkan Royalti

By nova.id, Sabtu, 10 September 2011 | 05:34 WIB
Indro Warkop Tak Persoalkan Royalti (nova.id)

Indro Warkop Tak Persoalkan Royalti (nova.id)

"Indro Warkop (Foto: Okki) "

Nama Warkop DKI tak hanya berjaya di zamannya.Hingga kini, Warkop terus diingat orang sebagai legenda komedi tanah air. Apa kata Indro, satu-satunya personel Warkop yang masih hidup?

"Saya enggak mau geer, itulah sebuah karya, setiap karya yang dinilai baik dan menghibur oleh pemirsanya, pasti akan terus menerus dinikmati," kata  Indro saat dijumpai dalam acara grand launching Kompas TV di Plennary Hall, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat (9/9) malam. Membuat orang lain tertawa terpingkal-pingkal, menurut Indro, bukanlah perkara mudah. Meskipun terlihat  sepele, namun pada zamannya trio Warkop sampai melakukan sebuah riset mengenai bagaimana cara orang tertawa di berbagai kota yang akan mereka datangi.

"Warkop sampai sekarang masih bisa eksis filmnya karena itu berawal dari kerja keras itu karena ada riset. Misalkan adegan kepleset di daerah tertentu, jika dibawa ke daerah lain penontonnya akan tertawa atau enggak. Bicara komedi itu bicara budaya. Kalau ngomong lawakan bahasa Sunda dibawa ke Makasar ya enggak nyambung walaupun lucu," katanya.  Berawal dari kerja keras dan keseriusan, Warkop DKI bisa menuai hasilnya. Trio komedian itu masih dikenang hingga kini meski dua diantaranya Dono dan Kasino sudah berpulang. Setiap kali filmnya diputar di televisi,  Indro mengaku tak lagi mendapatkan timbal balik berupa royalti atas setiap penayangan filmnya, begitu pula kepada keluarga kedua temannya. Meski begitu, Indro sudah cukup merasa senang dengan apresiasi tinggi yang masih diberikan. "Saya enggak dapat royalti meskipun itu setiap tahunnya diputar. Apalagi kalau mendekati lebaran pasti diputar. Ya, enggak apa-apa yang penting apresiasinya," kata pria yang menggemari naik moge alias motor gede itu. Okki