Wanda Hamidah Berburu Batik Vintage

By nova.id, Senin, 13 Juni 2011 | 08:00 WIB
Wanda Hamidah Berburu Batik Vintage (nova.id)

Wanda Hamidah Berburu Batik Vintage (nova.id)

"Wanda Hamidah (Foto: Rini) "

Wanda Hamidah (33) kini punya hobi baru mengoleksi batik-batik vintage alias lawas. Koleksi kain batik tulisnya kini berjumlah 30 lembar, belum termasuk warisan dari bundanya. Wanda yang kini menjadi wakil rakyat di DPRD Jakarta,  telah menyukai batik sejak kuliah.

"Totalnya sih sudah ada ratusan, bila dihitung koleksi  saya yang berupa baju. Dulu, saya membeli batik tidak pernah memperhitungkan soal tulis atau printing. Tetapi kini lebih selektif.. Sekarang bukan hanya melihat motif, tetapi juga ingin tahu filosofi dari motif itu sendiri dan juga sejarahnya," tutur ibu dua anak ini.

Kemana Wanda berburu batik vintage? "Tiap bulan ada saja orang datang ke rumah menawarkan batik vintage. Saya selalu penasaran ingin mengetahui berapa usia batik tersebut dan apa filosofinya," tegas Wanda yang juga mengoleksi kain batik kontemporer seperti karya Carmanita dan Edward Hutabarat.

Wanda semakin senang  semua koleksi batik kunonya itu bisa diketahui usianya melalui tangan kurator di Museum Teksil. Kabar sedihnya, sebagai wakil rakyat Jakarta, ia prihatin pengrajin batik khas Betawi kini semakin langka.

"Saya lihat generasi pengrajinnya sudah mulai terputus. Mungkin mereka  menganggap tidak menguntungkan lagi menjadi pengrajin batik. Yang adahanya batik printing sehingga harganya murah.Saya belum melihat ada usaha maksimal dari Pemda DKI memberikan stimulasi dan ruang kepada pengrajin batik tulis di Jakarta. Usaha tidak akan berkembang tanpa stimulasi. Padahal Pemda DKI punya banyak Pasar Jaya sebagai ruang untuk para pengrajin batik di Jakarta," terangnya.Rini