Ririn Ekawati, Totalitas Ibu Imbok

By nova.id, Sabtu, 21 Mei 2011 | 17:08 WIB
Ririn Ekawati Totalitas Ibu Imbok (nova.id)

Ririn Ekawati Totalitas Ibu Imbok (nova.id)
Ririn Ekawati Totalitas Ibu Imbok (nova.id)

"Foto: Dok Pri "

Hoki Berjilbab

Peran Ibu Imbok menjadi tantangan tersendiri yang tak gampang dilakoni Ririn. Ibu Imbok adalah sosok guru yang mengajar dengan hati, sabar dan tak kenal lelah memotivasi muridnya untuk mengejar cita-cita, kendati dengan segala keterbatasan yang ada. Karakter itu dinilai Ririn berbeda jauh dengan dirinya.

"Saya suka anak kecil, tapi guru Imbok ini super sabar dan punya semangat tinggi. Sementara saya tak sesabar dan sesemangat itu. Ibu Imbok juga tidak menyukai kekerasan dalam mengajar murid-muridnya di sekolah," aku Ririn seraya menyebut scene di bawah Pohon Cita-Cita sebagai adegan yang paling berkesan.

Di samping itu, ini kali kedua Ririn mendapat peran berjilbab secara berurutan, setelah main di film Rindu Purnama. Walaupun sama-sama berjilbab, Ririn harus bisa menampilkan karakter yang berbeda. "Jangan sampai orang menonton saya yang sama. Yah, look-nya mungkin hampir sama, tapi berbeda karakter. Awalnya stres juga belajar meninggalkan karakter sebelumnya," ungkap Ririn yang tak mau dianggap stereotype lewat peran wanita berjilbab.

"Tak sedikit yang bilang saya cocok berjilbab karena auranya keluar. Mungkin hoki saya berjilbab, tapi saya enggak mau orang berpikir Ririn, ya, pakai jilbab. Setelah Serdadu Kumbang, ada dua tawaran lagi untuk peran wanita berjilbab, tapi terpaksa saya tolak. Di luar peran, saya juga belum siap berjilbab karena tanggung jawabnya berat, harus jaga sikap dan segala macam," beber Ririn.

Akhir kata, Ririn mengaku memetik banyak pelajaran selama syuting. Salah satunya, sebagai "orang desa" Ririn belajar tentang kesederhanaan. Ia jadi lebih bersyukur atas apa yang telah diperolenyah. "Di sana masih banyak orang kekurangan, tapi mereka selalu bersyukur dan makan apa yang tersedia dari hasil panen untuk hidup sehari-hari dan enggak mikirin baju merek apa yang harus dipakai. Hidupnya simpel banget," ucap Ririn yang tengah istirahat main sinetron dan ingin fokus di film.

Ahmad Tarmizi