Atasi Bau Mulut dengan Yogurt!

By Felicitas Harmandini, Jumat, 10 Juli 2015 | 06:45 WIB
Yogurt dapat mengatasi bau mulut saat puasa. (Felicitas Harmandini)

Yogurt merupakan salah satu sumber makanan dengan berbagai manfaat, seperti menyehatkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, mencegah tekanan darah tinggi, mencegah jantung koroner dan menurunkan kolesterol. Yogurt juga merupakan sumber kalsium yang dapat mencegah tulang menjadi keropos.

Yang lebih penting, yogurt dapat mengatasi bau mulut selama berpuasa!

Ketika sedang berpuasa, orang memang selalu mengalami masalah bau mulut. Menurut dr. Marya Haryono, M.Gizi, SpGK, dokter spesialis gizi klinis dari FKUI/RSCM, saat talkshow bersama Heavenly Blush di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta, Selasa (7/7) lalu, kurangnya kandungan air yang dikonsumsi mengakibatkan menurunnya jumlah kandungan air liur selama berpuasa. Hal inilah menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah koloni bakteri yang bisa menimbulkan bau mulut.

Kandungan probiotik dalam yogurt seperti hidrogen sulfida dapat menurunkan kadar bahan penyebab terjadinya bau mulut, sehingga mengonsumsi yogurt setiap hari dapat membuat nafas menjadi segar dan terhindar dari bau mulut. Bakteri aktif dalam yogurt, yaitu Lactobacillus nulgarius dan Streptococcus thermophiles lah yang dapat menetralkan bakteri penyebab bau mulut yang tumbuh di dalam mulut, tambah Gerald P. Curatola, DDS, pakar kesehatan mulut dari New York University College of Dentistry.

Selain mengatasi halitosis (bau mulut), yogurt juga mampu mengurangi kemungkinan terjadinya gigi berlubang. Jika kemungkinan Anda mengalami gigi berlubang berkurang, maka peluang terjadinya nafas tak sedap pun menurun. Sebab, gigi berlubang itulah yang bisa memicu bau mulut. Problem sekitar mulut lainnya yang bakal berkurang berkat mengonsumsi yogurt adalah gingivitis (radang gusi) dan plak.

Hasil uji coba menunjukkan, yogurt dapat mengatasi bau mulut jika Anda mengonsumsi paling tidak 90 gram yogurt, dua kali sehari.

(Dari berbagai sumber)