Franky Sahilatua Terima Kelumpuhan Dengan Jiwa Besar

By nova.id, Rabu, 20 April 2011 | 02:01 WIB
Franky Sahilatua Terima Kelumpuhan Dengan Jiwa Besar (nova.id)

Franky Sahilatua Terima Kelumpuhan Dengan Jiwa Besar (nova.id)

""

Franky Sahilatua dirawat di ICU Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan. Penyanyi berusia 57 tahun itu mengidap penyakit multipel mailoma atau kanker sumsum tulang belakang.

 Pelantun lagu Kepada Angin dan Burung ini juga pernah dirawat selama 7 bulan di rumah sakit di Singapura. "Setiap satu minggu dua kali dilakukan kemoterapi. Namun saat di kemo, sempat ada infeksi dan akhirnya berhenti kemo. Kami memutuskan untuk menjalani pengobatan herbal di Jakarta," cerita Harwantiningrum, istri Franky saat ditemui di RS Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan, Selasa (19/4) malam.

 Namun sebelum Franky pulang ke Jakarta, syaraf tulang belakangnya terjepit sehingga menimbulkan tumor. "Dia sampai mengalami kelumpuhan kaki. Tumornya sebesar 1,8 mm dan ada tumor 0,4 mm yang terjepit syaraf jadi besarnya tumor 2,6 mm," ungkap ibu dua anak ini.

 Saat mengetahui penyakitnya itu, penyanyi yang tenar di tahun 70 ini sempat kaget. Namun ia langsung bangkit dengan berkaca pada Jenderal Sudirman. "Dia bilang Jenderal Sudirman juga lumpuh tapi bisa berusaha dan dia berjiwa besar. Yang penting tangan dan suara saya masih bisa digunakan untuk bernyanyi dan bermusik meski pakai kursi roda," kata Harwantini menirukan ucapan suaminya itu.Isna