Robby Tumewu Jalani Terapi Bicara

By nova.id, Rabu, 3 November 2010 | 04:44 WIB
Robby Tumewu Jalani Terapi Bicara (nova.id)

Robby Tumewu Jalani Terapi Bicara (nova.id)

"Robby Tumewu (Foto: Isna) "

Robby Tumewu harus menjalani  terapi pasca operasi pengambilan cairan pada otak sebelah kiri. Tim dokter membuatkan dua jenis program terapi yang untuk aktor sekaligus desainer itu.

"Terapi pertama fisioterapi difokuskan pada fisik karena kita berusaha memulihkan kondisinya agar tidak berdampak pada fisik yang lain dan terapi speech untuk bahasa," papar Laura Djuariantina, dokter spesialis rehabilitasi yang menangani Robby saat ditemui tabloidnova.com di RS Pondok Indah (RSPI) Jakarta Selatan, Selasa (2/11).

Robby harus menjalani terapi bahasa karena sampai saat ini bintang film Madame X itu belum bisa bicara satu patah kata pun. Aktor berdarah Tionghoa ini merespons orang di sekitarnya hanya dengan senyuman dan anggukan kepala.

"Komunikasi untuk pengertian sudah baik tetapi untuk pengucapan memang belum sepunuhnya pulih. Tetapi semangatnya cukup baik. Ini sangat berpengaruh baik untuk kecepatan pemulihannya," tambah Laura.

Namun tim dokter tidak bisa memprediksi pemulihan Robby bisa sampai 100 persen. Apalagi pria yang fasih melafalkan logat Betawi itu baru beberapa minggu menjalani perawatan dan terapi.

"Terlalu dini untuk bicara kesembuhan (hingga 100 persen) tetapi kita berusaha. Yang penting dia harus istirahat dan makan yang terjaga," imbuh Laura.Isna