Robby Tumewu Belum Bisa Bicara

By nova.id, Selasa, 2 November 2010 | 11:12 WIB
Robby Tumewu Belum Bisa Bicara (nova.id)

Robby Tumewu Belum Bisa Bicara (nova.id)

"Robby Tumewu (Foto: Isna) "

Kondisi kesehatan Robby Tumewu mulai membaik setelah dua minggu menjalani perawatan secara intensif, . Aktor sekaligus desainer itu sudah mulai sadar dan bisa mengenali orang-orang di sekitarnya.

"Kondisi Robby sudah sadar walaupun belum seratus persen. Saat ini masih butuh pemulihan," papar Rubyana, dokter spesialis syaraf saat jumpa pers soal perkembangan Robby di Auditorium RS Pondok Indah (RSPI), Jakarta Selatan, Selasa (2/11).

Robby sudah sadar tiga hari usai  menjalani operasi pengangkatan cairan di otaknya, Jumat (15/10) silam. Namun bintang film Madame X itu masih belum dapat berbicara. "Karena yang kena otak sebelah kiri, Robby belum bisa bicara," ujar Rubyana.

"Tapi Robby sudah merespons dengan baik, caranya dengan tersenyum dan mengangguk jika diajak berbicara. Dia juga sudah mengerti apa yang kita sampaikan," tambah Andang Gunawan, sahabat sekaligus perwakilan keluarga Robby.

Tak lama lagi, Robby pun sudah bisa keluar dari rumah sakit. Namun ia tetap harus menjalani beberapi terapi seperti akupuntur dan speech (bicara). "Kalau sadar bisa dikatakan 100 persen tetapi kondisi tubuh masih 60 persen karena kalau stroke pasti ada kelumpuhan, jadi kita lakukan beberapa terapi," ungkap Laura Djuariantina, dokter spesialis rehabilitasi yang menangani Robby.Isna