Foto Bugil 'Agnes Monica' Sudah Diedit

By nova.id, Selasa, 20 Juli 2010 | 08:36 WIB
Foto Bugil Agnes Monica Sudah Diedit (nova.id)

Foto Bugil Agnes Monica Sudah Diedit (nova.id)

"Agnes Monica (Foto: Okki) "

Agnes Monica didera kasus foto telanjang. Namun pakar telematika Abimanyu memastikan bahwa foto wanita yang sedang berendam di sebuah tempat itu adalah bukan Agnes Monica. Abimanyu menjelaskan, foto tersebut sudah mengalami pengeditan.

"Berdasarkan metadata yang saya temukan, foto ini sudah hasil edit dan secara visual ada dua unsur kuat lainnya yang membuat saya meragukan hal itu, diantaranya color tonewajah dan bodyberbeda. Berdasarkan banyak sample yang saya temukan di internet, belahan rambutnya Agnes itu bukan kanan ke kiri (seperti di foto) melainkan kiri ke kanan," ungkapnya kepada tabloidnova.com, Selasa (20/7).

Menurut pria yang akrab dipanggil Abah ini, pelaku rekayasa foto tersebut hanya mencari gambar muka AM sesuai dengan posisi yang diinginkan, tapi yang dia temukan adalah contoh muka AM yang berbeda arah, lalu si pelaku hanya membalikkan (flip) wajah AM tersebut.

"Dia tidak berani mengubah tatanan rambut AM, jadi setelah flipped dibiarkan apa adanya. Memang dalam rekayasa foto, bermain dengan rambut adalah hal yang paling menantang karena tingkat kesulitannya cukup tinggi dan butuh ketekunan ekstra. Pada sisi rambut bagian kiri agak bawah kalauditeliti terlihat ada smudging (penghalusan gambar). Kalau kita berani melakukan "cloning" pada rambut, jauh bisa lebih berhasil dan terlihat natural, " jelasnya.

Menurut Abimanyu, pelaku terlihat kurang jeli atau kurang sabar bermain color pada wajah AM karena pencahayaan diwajah masih berbeda dengan yang pada tubuhnya.Icha