SMS Ariel Jadi Kunci Kasus Trio Panas?

By nova.id, Kamis, 8 Juli 2010 | 00:37 WIB
SMS Ariel Jadi Kunci Kasus Trio Panas (nova.id)

SMS Ariel Jadi Kunci Kasus Trio Panas (nova.id)

"Ariel (Foto: Okki) "

Oleh karena Ariel, si tersangka yang menjadi kunci kasus video porno ini tak kunjung mengaku sebagai pelaku dan pembuat video mesum yang menggegerkan itu, tak heran polisi pun banyak memakai teknik pemeriksaan dengan bantuan alat-alat canggih. Pengakuan verbal pun, kata polisi, tak penting lagi karena hasil pemeriksaan dengan kecanggihan teknologi bisa jadi alat bukti di persidangan.

Urusan sadap-menyadap SMS atau telepon juga bukan barang baru bagi polisi. Untuk kepentingan ini, tentu saja polisi bekerja sama dengan operator yang bersangkutan, tentu setelah meminta izin pihak terkait sesuai UU. Jadi, begitu nomor "dikunci", maka semua SMS atau telepon keluar-masuk akan bisa dimonitor.

Meski target telah mengganti nomor, polisi tetap bisa melacak dan memonitor keberadaan target. "Karena IMEI di handset, kan, masih ada," jelas Valens. Data SMS dari pelaku juga bisa dibuka lagi. Lantaran, tiap operator wajib menyimpan data-data SMS itu minimal hingga 5 tahun.

Melacak IP Address siapa yang meng-upload video trio panas ini, juga bukan pekerjaan sulit. Terbukti, setelah kasus ini merebak, polisi menemukan dua tempat yang diduga sebagai asal dari video itu di-upload, yakni Bandung dan Kendari. Tapi, menurut pria yang juga doyan fotografi ini, yang dipertanyakan adalah apa benar di dua tempat itu video di-upload pertama kali? Apalagi jika ternyata proses upload dilakukan dari warnet atau pelaku mengkases lewat wireless yang disediakan untuk umum.Sukrisna