Audy Kecewa Menunggu Lama

By nova.id, Sabtu, 24 April 2010 | 17:03 WIB
Audy Kecewa Menunggu Lama (nova.id)

Audy Kecewa Menunggu Lama (nova.id)

"Foto: Daniel Supriyono "

Di awal pemunculannya di tahun 2001, Audy (27) amat bersinar bahkan diprediksi menjadi diva masa depan. Penyanyi bernama lengkap Paula Allodya Item ini pun sempat diganjar penghargaan Anugerah Musik Indonesia (Penyanyi Solo Wanita Pop Terbaik 2003) dan MTV Asia (Favorite Artis Indonesia 2004).

Namun, setelah menelurkan 3 album, nama Audy seperti meredup. Tenggelam oleh riuh rendahnya penyanyi dan band baru. Tak heran, jika kehadiran Audy di album ke-4 (Selalu Terdepan) awal Maret lalu dianggap sebagai 'comeback'-nya.

Menurut Audy, bukan keinginannya harus menunggu sekitar 4 tahun untuk menerbitkan album baru, melainkan keinginan label (Sony-BMG). "Sebetulnya materi lagu sudah lama terkumpul. Tapi, yang sedang 'in', (musik) Melayu yang lebih dulu keluar. Jadinya artis-artis lama terlupakan," ucap Audy yang banyak turun tangan di album yang mengunggulkan single Lama-lama Aku Bosan ini. "Kalau enggak aku push labelnya, mungkin album ini pun belum keluar."

Terus terang Audy kecewa harus menunggu. Situasi menunggu jadi beban moral tak ringan buat Audy. "Kalau ada yang mau ngajak tur jadi agak susah, karena mereka minta materi (lagu) baru. Kami jadi susah dapat job," ungkap Audy. Fans pun tak sabar, sampai-sampai mereka membuat grup di Facebook agar Sony-BMG segera mengeluarkan album baru Audy.

Sementara itu, Sony-BMG Indonesia melalui Jan Djuhana (Direktur Senior Artis & Repertoar) mengatakan, keterlambatan album ke-4 Audy justru terletak pada kesibukan si artis. "Album Audy saja baru selesai sekitar 3 bulan lalu. Kami memang menunggu lagu selesai satu per satu. Audy, kan, sibuk. Banyak job lain dan off air," kata Jan.

Jan juga membantah Sony-BMG saat ini punya strategi memprioritaskan artis baru bergenre musik yang sedang digemari. "Oh, enggak. Semua memang sesuai kesepakatan. Masih banyak artis lama Sony-BMG yang hubungannya masih langgeng, kok," kata Jan yang mempersilakan Audy pindah ke label lain setelah selesai kontrak dengan Sony-BMG.

Peristiwa ini jadi pelajaran berharga bagi Audy. Setelah kontraknya habis dengan Sony-BMG di album ke-4, Audy berencana ingin bikin label sendiri. "Rencananya mau bikin label bareng Papa (musisi jazz Jopie Item) dan kakak (Stevie, gitaris Andra & the Backbone)."

Bahkan ia bersama Stevie dan adiknya, Yai, akan membentuk grup. Trio ini akan dinamai SAY, akronim dari nama Stevie, Audy, dan Yai. "Project ini lebih ke off air, main akustik. Steve dan Yai main musik, aku nyanyi sambil main gendang," ucapnya sambil tertawa. "Kalau Papa mau terlibat, paling featuring," imbuhnya.

Tarmizi