Ayah Joy Tobing Marah Besar

By nova.id, Senin, 29 Maret 2010 | 05:15 WIB
Ayah Joy Tobing Marah Besar (nova.id)

Ayah Joy Tobing Marah Besar (nova.id)

"Joy Tobing dan orangtuanya (Foto: Adrianus Adrianto) "

Heboh kasus kawin lari Joy Tobing (30) dan Daniel Sinambela terus berlanjut. Yang pasti, ayah Joy Marudut, sangat kecewa. " Seolah saya tak bisa mengurus anak, " kata pria kelahiran Tarutung 62 tahunsilam itu. Pada hal, ia sudah punya sejuta rencana untuk anak sulungnya itu.

Kecewa, marah, malu. Itu agaknya yang dirasakan Marudut Tobing atas perilaku putri sulungnya, Joy. Marudut berprinsip, sebuah pernikahan harus memenuhi persyaratan hukum gereja, hukum adat, dan hukum pemerintah. Ketiganya harus dilakukan sekaligus. "Kalau kawin lari seperti ini, sebagai orangtua pihak perempuan, seakan-akan adat itu dirampas dari kami. Mungkin hukum adat akan dilaksanakan kemudian, tapi kapan? Bisa-bisa puluhan tahun kemudian. Ini, kan, enggak benar," ujar ayah empat anak ini sengit.

Keprihatinan mantan sopir taksi ini tak lepas dari tanggungjawabnya sebagai orangtua terhadap kerabat dan gereja. "Bagaimana kami menjelaskan persoalan ini kepada kerabat dan gereja kami? Mereka pasti akan bertanya, lalu bagaimana saya harus menjawabnya?" tanyanya dengan suara tinggi.Tumpak