Dilecehkan, Rieke Dyah Pitaloka Kesulitan Cari Saksi

By nova.id, Kamis, 11 Maret 2010 | 03:54 WIB
Dilecehkan Rieke Dyah Pitaloka Kesulitan Cari Saksi (nova.id)

Dilecehkan Rieke Dyah Pitaloka Kesulitan Cari Saksi (nova.id)

"Rieke Dyah Pitaloka (Foto: Isna) "

Rieke Dyah Pitaloka ingin memberi efek jera kepada orang yang melakukan pelecehan terhadapnya. Hal itulah yang membuatnya melapor ke polisi. "Saya baru tahu belakangan bahwa dia seorang dokter. Setelah kejadian itu sempat teman-teman menyarankan enggak usah diperpanjang tapi saya kok merasa tidak terima. Enggak bisa, saya harus lapor polisi," cerita Rieke.

Rieke yang sudah berada di bus rombongan sempat didatangi pelaku. "Dengan enteng dia cengar-cengir sambil bilang maaf dan mengajak salaman. Saya pikir hal ini enggak bisa selesai hanya dengan salaman. Kalau salaman dan maaf-maafan bisa Lebaran nanti. Akhirnya saya melaporkan hal ini ke kepolisian," kata Rieke.

Namun yang membuat Rieke gundah, sebagai aktivis pembela kaum perempuan, dirinya sadar kasus pelecehan sulit diteruskan. "Dalam pemeriksaan pasti diperlukan setidaknya dua orang saksi dan barang bukti. Saya mau cari saksi dari mana, sementara yang dengar (ucapan saya sun ya) hanya saya," keluh Rieke.

Pemeran Oneng ini tidak berharap banyak dengan laporannya. "Saya enggak terlalu berharap kasus ini bisa sampai meja hijau atau pelaku dipenjara. Saya ingin memberikan sanksi soasial kepada para pelaki pelecehan perempuan," tegas Rieke.Isna