Rieke Dyah Pitaloka: "Dokter Itu Merangkul dan Mencium Saya"

By nova.id, Rabu, 10 Maret 2010 | 23:19 WIB
Rieke Dyah Pitaloka Dokter Itu Merangkul dan Mencium Saya (nova.id)

Rieke Dyah Pitaloka Dokter Itu Merangkul dan Mencium Saya (nova.id)

"Rieke Dyah Pitaloka (Foto: Isna) "

Rieke Dyah Pitaloka secara resmi memberikan klarifikasi dan kronologis peristiwa pelecehan seksual yang menimpanya saat melakukan kunjungan kerja ke RSUD Labuang Baji, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (8/3).Dari keterangan Rieke didapat bahwa sebelum kejadian itu, Rieke memang sudah tidak nyaman dengan orang yang bersangkutan.

"Pada pertemuan antara rombongan DPR dan pihak rumah sakit, orang ini sudah menunjukkan gelagat yang tidak mengenakkan. Kalau saya sedang bicara, orang yang bersangkutan mengambil mike dan ngomong tidak sepakat apa yang saya katakan tanpa melalui pimpinan. Ini saja sudah membuat saya tidak nyaman," cerita Rieke yang ditemui di Nusantara I ruang 704 Gedung DPR, Selasa (10/3) malam.

Setelah pertemuan itu, banyak yang meminta Rieke untuk foto bersama. "Orang yang sama juga bilang ingin ikut foto bersama. Dia tidak berada di belakang saya tapi di samping kanan saya. Di situ masih ada ruang kosong tapi dia malah mendekat dan merangkulkan tangannya sampai ke pundak kiri saya. Saya sudah bilang, enggak usah rangkul-rangkulan pak. Tapi dia bilang enggak apa-apa," tutur Rieke.

Pada foto kedua, orang ini kembali meminta foto bersama. "Kali ini dia malah mendekatkan wajahnya ke belakang telinga saya. Dia bisikan saya sun ya? Saya kaget. Saya bilang bapak apa-apaan sih," ulang Rieke kesal.

Mendengar itu, orang tersebut justru membantah. "Lho kenapa, Anda, kan, public figure. Enggak ada yang dengar, kan? Enggak ada saksinya," ujar Rieke menirukan ucapan orang tersebut. "Di sini saja dia sudah melakulan kesalahan karena saya datang sebagai seorang anggota DPR bulan publik figure." Isna