Tiga Unsur Wajib Ale & Nia

By nova.id, Selasa, 24 November 2009 | 00:36 WIB
Tiga Unsur Wajib Ale Nia (nova.id)

Tiga Unsur Wajib Ale Nia (nova.id)

"Ale dan Nia memotong tumpeng dalam syukuran film ke-4 mereka, Tanah Air Beta (Foto: Astri) "

Konsistensi Nia Zulkarnaen dan Ari Sihasale membuat film yang mengangkat semangat bertanah air kembali dibuktikan lewat film terbaru mereka, Tanah Air Beta.

Film yang rencananya dirilis Juni 2010 ini terinspirasi dari kisah-kisah nyata warga di Atambua, Nusa Tenggara Timur yang berpisah dengan sanak saudara mereka pasca jajak pendapat Timor-Timor tahun 1999.

Sejumlah artis yang turut bermain di antaranya Alexandra Gutardo, Lukman Sardi, Tessa Kaunang, Zumi Zola, dan Robby Tumewu.

"Film ini genrenya masih drama keluarga. Namun, berbeda dengan Denias yang tokoh utamanya adalah anak laki-laki, kali ini tokohnya adalah seorang ibu dan anak perempuannya," ungkap Nia saat menggelar syukuran dimulainya produksi Tanah Air Beta di kawasan Kemang, Senin, (23/11).

Ari Sihasale atau yang biasa disapa Ale menyadari masalah referendum Timor-Timor memang termasuk isu yang cukup sensitif. Namun, Ale menegaskan, Tanah Air Beta tidak menekankan pada aspek politiknya.

"Yang kami angkat adalah bagaimana ketegaran seorang ibu mencari anaknya. Bahwa apapun kondisinya, keluarga tetaplah keluarga."

Tanah Air Beta bakal jadi film keempat dari rumah produksi milik Ale dan Nia, Alenia Production setelah Denias (2006), Liburan Seru (2008), dan King (2009).

Nia dan Ale berharap, Alenia Production bisa memproduksi setidak-tidaknya satu judul film setiap tahunnya. Dan dalam setiap film yang dibuat, pasangan ini ingin memasukkan tiga unsur. "Budaya, keindahan alam, dan kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia," pungkas Nia.Astri