Geng Tempe Gelar Aksi Amal

By nova.id, Selasa, 6 Oktober 2009 | 17:02 WIB
Geng Tempe Gelar Aksi Amal (nova.id)

Geng Tempe Gelar Aksi Amal (nova.id)

"Venna Melinda (Foto: Adrianus Adrianto) "

Pesohor negeri terus peduli dengan musibah gempa di Sumatera Barat. Masih di jejaring situs Twitter, gitaris grup band Slank, Abdee Negara mengemukakan keinginannya untuk membantu dengan menggelar konser amal. Niat itu langsung direspon Slanker yang ingin turut membantu.

Inisiatif untuk melaksanakan kegiatan amal juga tercetus dari Titi Sjuman, istri drummer Aksan Sjuman, yang tergabung di Geng Tempe, geng pertemanan beberapa selebriti Indonesia seperti Maia Ahmad, Dewi Sandra, Shanty, Mey Chan, Edric Tjandra dan komedian Aming. Titi yang juga memiliki banyak kerabat di Padang pun bersyukur karena seluruh keluarganya yang berdomisili di Padang selamat dari bencana. Sebelumnya, Geng Tempe beberapa kali mengadakan acara amal untuk korban bencana alam.

Sementara presenter dan rapper Pandji urut menggerakkan kembali aksi Indonesia Unite yang sebelumnya marak ketika pengeboman hotel JW Marriot dan Ritz Carlton Kuningan Juli silam. Sejak peristiwa pengeboman tersebut, jaringan gerakan Indonesia Unite memang meluas, terutama di beberapa kota besar di Indonesia. Jumat, (02/10), perhelatan penggalangan dana untuk korban gempa pun diprakarsai oleh perkumpulan Indonesia Unite di Bandung. Awalnya, acara tersebut dilaksanakan untuk memperingati Hari Batik, namun karena waktunya berdekatan, maka acara penggalangan dana pun turut diagendakan.

Dari Senayan, Jakarta, sejumlah artis yang kini menjadi anggota DPR-RI menyuarakan pengumpulan dana. Eko Patrio salah satunya. Ia berjanji menyumbangkan gaji pertamanya sebagai anggota DPR. "Saya juga sudah mensosialisasikan hal ini ke teman-teman. Alhamdulillah, 46 teman saya berniat menyumbangkan seluruh gajinya," tutur Eko.

Tak ingin berlama-lama menunggu gaji Oktober keluar di akhir bulan nanti Eko akan menggunakan uang partainya terlebih dahulu untuk menyumbang. "Karena bantuan ini sangat dibutuhkan. Memang, berapa pun tidak akan cukup, tapi yang penting kita coba bantu."

Eko pun telah berangkat ke Padang (2/10) untuk melakukan survei ke lokasi bencana "Survei tersebut untuk melihat siapa-siapa saja atau lembaga apa saja yang harus diberikan bantuan, dan apa saja yang dibutuhkan," jelasnya.

Bantuan serupa juga dilakukan anggota DPR Venna Melinda. Vena mengaku menyumbangkan uang sebesar Rp 2,5 juta sesuai dengan kesepakatan dalam partainya. Selain memberikan sejumlah uang, mantan Putri Indonesia ini berniat mengunjungi lokasi gempa secara langsung. Namun keinginan ini terbentur kesibukannya sebagai wakil rakyat. "Sekarang ini masih sibuk sama rapat-rapat. Jadi tidak mungkin saya bisa berjalan sendiri, dengan nama pribadi," kata Venna.

Yetta, Dewi