Hedy Yunus Lelang Batik

By nova.id, Sabtu, 3 Oktober 2009 | 17:27 WIB
Hedy Yunus Lelang Batik (nova.id)

Hedy Yunus Lelang Batik (nova.id)

"Hedy Yunus mengenakan salah satu koleksi batiknya (Foto: Okki) "

Tepat pada tanggal 2 Oktober 2009 Unesco mengukuhkan batik sebagai budaya Indonesia. Masyarakat Indonesia pun bersuka cita merayakan dengan mengenakan busana batik di tengah aktifitasnya.

Lain lagi yang dilakukan penyanyi Hedy Yunus, penggemar batik itu melakukan hal mulia tepat pada hari pengukuhan. "Tadi pagi aku sempat lelang baju batik dan hasilnya disumbangkan kepada korban gempa Sumatera Barat," sesumbar Hedy saat berbincang dengan tabloidnova.com di Jakarta.

Dana yang terkumpul pun langsung Hedy sumbangkan kepada korban gempa melalui sebuah televisi swasta. "Lumayan kelelang satu juta," kata Hedy yang memiliki disainer khusus untuk merancang koleksi batiknya. Selain peduli terhadap bencana yang terjadi di kota Padang, ternyata Hedy pun merasa miris dengan kondisi penghasilan para pengrajin batik yang semakin hari kian menurun. Maka, menurut Hedy, langkah yang tepat untuk melestarikannya adalah terus mencintai dan menggunakan batik.

Tak heran makanya, di setiap penampilannya kala Hedy bernyanyi di sebuah acara, dirinya tak pernah lupa mengenakan batik sebagai busana 'wajib'. Bahkan yang lebih unik lagi, ternyata Hedy tak hanya pernah menyumbangkan pakaian batiknya kala bencana tiba, tapi pada saat iseng. "Aku jadi pengisi acara 17 Agustus lalu di Kedubes RI di kota London, ternyata bule-bule di sana appreciate banget. Aku iseng melelang dan ternyata ada yang berminat," tutur Hedy yang kala itu mengenakan batik bernuansa merah putih, tanpa mau menyebutkan nominal yang didapatkannya.

Kenyaman dan keunikan batik, kata Hedy, akan terus membuatnya mengenakan pakaian khas Indonesia itu ke segala acara. Demi mempopulerkan batik, Hedy rela menjadi ujung tombak untuk mensosialisasikan batik, bahkan sampai ke negeri orang.Okki