Alasan Dirly 'Idol' Tak Pakai Batik

By nova.id, Sabtu, 3 Oktober 2009 | 01:59 WIB
Alasan Dirly Idol Tak Pakai Batik (nova.id)

Alasan Dirly Idol Tak Pakai Batik (nova.id)

"Blangkon andalan Dirly 'Idol' (Foto: Okki) "

Ada yang aneh pada diri Dirly 'Indonesian Idol' pada hari pengukuhan batik 2 Oktober lalu. Bila orang-orang berinisiatif mengenakan batik, sebaliknya, Dirly tak mengenakannya. Mengapa?

Bukannya Dirly tak menghargai budaya dan karya anak bangsa dengan tidak mengenakan pakaian batik. Namun ia tak memiliki busana batik yang modis dan bisa disesuaikan saat dirinya menghadiri sebuah acara. Itulah alasan Dirly mengapa ia tak mengenakan pakaian batik saat itu. "Karena aku enggak punya baju batik yang trendy. Rata-rata resmi dan lengan panjang semuanya," kata Dirly yang mengakalinya dengan hanya mengenakan blangkon saja.

Unik memang Dirly hanya mengenakan blangkon pada saat itu. Alasannya adalah ia hanya ingin menghormati batik sebagai budaya dan karakter bangsa. "Kalau pakai blangkon kan bisa agak beda. Letaknya ada di kepala, jadi memperlihatkan rasa hormat kita pada batik sendiri," ujarnya saat berbincang dengan tabloidnova.com.

Kenyamanan dan kerapihan yang didapatkan kala mengenakan batik rupanya tak membuat Dirly ingin selalu mengenakan pakaian yang sudah disahkan Unesco menjadi milik Indonesia. "Aku memang enggak terlalu sering mengenakan. Paling pas ada acara keluarga aja," kata pria yang pernah diisukan menjalin hubungan dengan Agnes Monica ini. Batik yang diidentikan dengan kesan tua membuat Dirly memiliki selera sendiri kala mengenakan batik. "Aku mau pakai batik yang trendi. Bukan yang lengan panjang dan enggak terlalu kaku," katanya membuat syarat.

Okki