Ussy: Batik Jangan Hanya Dipakai Gara-gara Diakui Malaysia

By nova.id, Jumat, 2 Oktober 2009 | 08:54 WIB
Ussy Batik Jangan Hanya Dipakai Gara gara Diakui Malaysia (nova.id)

Ussy Batik Jangan Hanya Dipakai Gara gara Diakui Malaysia (nova.id)

""

Ussy Sulistaywati tak mau ketinggalan meramaikan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Ditemui usai mengisi acara musik di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, ibu dua anak ini mengenakan batik dengan potongan rambut baru.

"Aku senang banget melihat rasa nasionalisme masyarakat Indonesia sangat tinggi untuk mengenakan batik. Tadi di sepanjang jalan, semua orang pakai batik. Sampai di ojek-ojek, di mikrolet, aku lihat semua pakai batik," cerita Ussy.

Batik sebagai kebudayaan Indonesia, menurut Ussy, sebaiknya harus dilestarikan. "Memang harus dilestarikan. Jangan gara-gara diakui Malaysia baru kita mau pakai batik. Soalnya batik sekarang sudah modern. Kalau dulu kan orang pakai batik hanya untuk ke pernikahan atau ada orang sunatan. Sekarang batik sudah lucu-lucu, banyak anak muda yang suka memakainya. Kalau aku pakai batik malah jadi mengikuti mode," tutur Ussy.

Soal rambutnya yang dipotong pendek, Ussy punya cerita tentang itu. "Rambut aku rusak parah karena sering dicatok dan kena hairdryer makanya aku potong pendek," kata Ussy yang mengaku lebih senang rambut pendek karena tidak gerah dan dapat dikeramas setiap hari.Isna