Kisah Rambut Gimbal Mbah Surip

By nova.id, Minggu, 12 Juli 2009 | 21:28 WIB
Kisah Rambut Gimbal Mbah Surip (nova.id)

Kisah Rambut Gimbal Mbah Surip (nova.id)

"Mbah Surip (Foto : Daniel Supriyono) "

Penampilan Mbah Surip dengan rambut gimbalnya telah menciptakan daya tarik tersendiri. Tak hanya menarik, tapi ada kisah dibalik rembut gimbal tersebut. "Rambut ini asli lho. Enggak ada sambungan rambut gimbal dengan kepala. Dari dahulu, sudah lima Presiden, rambut Mbah memang begini adanya, selalu dirawat. Setiap empat hari dikeramas seperti penyanyi Jamaika," ujarnya saat ditemui Nova sambil membuka penutup kepalanya.

Kuntet Mangkulangit yang pernah menolong Mbah Surip bercerita, dulu Mbah Surip mencuci rambut dengan cara tak biasa. Satu ember besar diisi air, dicampur deterjen, lalu kepala dan rambutnya dicelupkan ke air sekitar setengah jam tanpa membuka ikatan rambut, kemudian dikeringkan seadanya. Setelah punya cukup uang, barulah ia ke salon untuk membersihkan rambutnya.

Penampilan ala penyanyi Jamaika ini awalnya tak sengaja. Ketika nyanyi di Ancol, kepala Mbah Surip kejatuahn cat. "Rambut Mbah keriting tak sengaja, jadi keterusan hingga sekarang. Mbah juga suka pakai gelang yang banyak. Sebagian beli dan minta dari teman," tuturnya. Nizar