Cucu Cahyati Tetap Yakin Tak Bersalah

By nova.id, Selasa, 2 Juni 2009 | 03:35 WIB
Cucu Cahyati Tetap Yakin Tak Bersalah (nova.id)

Cucu Cahyati Tetap Yakin Tak Bersalah (nova.id)

"Cucu Cahyati (Foto : Nizar) "

Cucu Cahyati telah terbukti terlibat dalam pemalsuan surat nikah dan divonis enam bulan penjara dengan masa percobaan satu tahun oleh Pengadilan Negeri Tasikmalaya, Jawa Barat.

Cucu yang banyak menunduk selama persidangan sontak memancarkan wajah cerah dan haru. Ia sepertinya cukup lega, karena sebelumnya diancam hukuman dua tahun penjara. Dengan hukuman percobaan itu, ia bisa menghirup udara bebas asal tak melakukan perbuatan yang melanggar hukum. Tak hanya Cucu, keluarga besarnya yang memberi dukungan juga lepas dari ketegangan. "Alhamdulillah. Allahu Akbar," ucap Dindin, kakak sepupu Cucu.

Cucu sendiri tak bulat menerima putusan itu. "Saya pikir-pikir dulu," kata Cucu pelan, lalu beranjak dari tempat duduk dan menyalami majelis hakim dan jaksa. Sambil berjalan ke mobilnya, Cucu mengaku sebetulnya keberatan divonis bersalah. "Saya tak pernah membuat data atau akte nikah palsu. Namun, dengan adanya vonis ini saya menjadi lebih tenang dalam melakukan aktivitas saya bernyanyi. Enggak kepikiran lagi dengan sidang," tandasnya kepada Tabloid Nova sambil menutup pintu mobil.

Cucu terlibat dalam masalah ini ketika mantan suaminya, Abdurrahman Midi atau Aman Jagau (pengusaha batubara asal Kalimantan) melaporkan Cucu ke polisi karena memalsukan buku nikah. Bukti legalitas nikah itu diduga Aman akan dipakai Cucu untuk menuntut harta gono-gini. Padahal, Aman mengaku menikahi Cucu secara siri.

Rumah tangga Cucu-Aman yang telah dikarunia seorang anak ini memang sering cecok. Kata cerai beberapa kali terucap. Pernah, dalam suatu percekcokan, mereka didamaikan keluarga Cucu sambil disaksikan aparat KUA Ciawi, Tasikmalaya. Berbekal peristiwa perdamaian itulah, Cucu berusaha melegalkan pernikahannya, walau percekcokan kembali terjadi.

Cucu menghadapi perkara yang cukup berat ini tanpa pengacara. Padahal Cucu sempat ditawari pengacara dari Jakarta. Kata Dindin, "Ini masalah keluarga, Cucu tak mau jadi ramai di media. Kalau mau dibikin besar, ya bisa jadi besar. Sebaliknya, kalau mau dibikin sederhana, bisa jadi hilang begitu saja. Cucu sebetulnya tak mau ribut dengan Aman Jagau. Cucu masih mencintainya."

Dindin pun membantah Cucu memalsukan surat nikah untuk mendapatkan harta gono-gini dari Aman. Toh, mas kawin sebuah mobil mewah yang pernah diberikan Aman sampai sekarang tak ada di tangan Cucu. "Boleh-boleh saja orang mengatakan Cucu menikah dengan Aman untuk mendapatkan rumah dan barang mewah lainnya. Tapi buktinya, rumah tersebut sampai sekarang tidak ada pada Cucu. Yang ada, Cucu merawat dan membiayai anak dari perkawinannya dengan Aman, dari hasil ia menyanyi dari daerah ke daerah," kata Dindin mengakhiri. M Nizar