Andika 'Kangen Band' Kapok Dipenjara

By nova.id, Senin, 11 Mei 2009 | 05:42 WIB
Andika Kangen Band Kapok Dipenjara (nova.id)

Andika Kangen Band Kapok Dipenjara (nova.id)

"Andika (Foto : Romy Palar) "

Selain meli­ris ­al­­bum ketiga ber­ta­juk Pujaan Hati, baru-baru ini Kangen Band meluncurkan buku, Rahasia Kangen Band - Kisah Inspiratif Anak Band. Seperti judulnya, buku yang ditulis oleh sang manajer, Sujana, ini bertutur tentang perjalanan hidup para personel Kangen Band.

Salah satu cerita, sang vokalis, Andika, ternyata pernah mendekam di penjara selama satu tahun dua bulan gara-gara kasus narkoba. "Sebenarnya waktu itu aku cuma coba-coba (mengkonsumsi narkoba. Red), eh, langsung kena batunya," tukas Andika yang tak menyangka kisah kelamnya itu mendapat porsi lumayan banyak dalam bu­ku. "Tapi karena yang mem­bantu aku keluar da­ri sana (perangkap narkoba, Red) adalah Om Jana (panggilan Sujana), aku tidak keberatan. Malah bisa jadi pelajaran bagi pembaca."

Menurut bapak satu anak ini, pengalaman berada di bui memang berat. Namun, tantangan yang lebih besar baginya adalah ketika kembali ke masyarakat. Ia sempat minder dengan pandangan sinis banyak orang. "Mantan napi dianggap tidak pernah benar. Padahal, kan, manusia tidak selamanya nakal. Di penjara juga kami diajari tata krama dan segala macam," ujar Andika yang kemudian bangkit bersama Kangen Band.

Kapok enggak, sih? "Aku kapok. Kalau kita sudah tergantung pada narkoba, dia mengatur otak kita. Aku tidak mau mengulangi kesalahan yang sama," pungkasnyaAjeng