Fenomena Film Indonesia

By nova.id, Senin, 1 Desember 2008 | 05:15 WIB
Fenomena Film Indonesia (nova.id)

Fenomena Film Indonesia (nova.id)

""

Tahun 2008 seakan menjadi tahun kebangkitan film Indonesia. Ada dua film yang menyita perhatian penonton layar lebar, yaitu Ayat-Ayat Cinta (AAC) karya sutradara Hanung Bramantyo dan Laskar Pelangi (LP).

Banyak faktor yang membuat AAC laris di pasar. Antara lain, film yang diangkat dari novel karya Kang Abik ini, sangat kuat nuansa islaminya. Yang pasti film yang dibintangi Ferdi Nuril, Carissa Putri. Rianti R Cratwright, Melanie Putria, dan Zascia A. Mecca ini mampu menyedot jutaan penonton. Sebuah fenomena baru di Indonesia.

Jumlah penonton AAC hanya "dikalahkan" oleh LP yang menurut kabar disaksikan 4 juta penonton. Film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini memang tampil beda dibanding film-film yang banyak beredar di tahun 2008, yang banyak mengekspose tema horor.

Kembali ke AAC, film ini seperti "mengilhami" film bernuansa islami lainnya semisal Kun Fayakuun yang ceritanya dari Ustad Yusuf Mansyur, Doa Yang Mengancam, serta Sahadat Cinta.

Kalau bicara secara umum, sepanjang tahun ini, film horor dan komedi tetap berjaya dari segi jumlah. Di genre horor ada Hantu Perawan Jeruk Purut, 40 Hari Bangkitnya Pocong, Hantu Aborsi, Pocong Vs Kuntilanak, Sumpah Pocong di Sekolah, Tali Pocong Perawan, Sarang Kuntilanak, dan lainnya. Sedangkan film komedi antara lain, Mupeng (Muka Pengen), Anda Puas, Saya Loyo, XL, Antara Aku, Kau dan Mak Erot, Mas Suka Mas Ukin Aja, Basahhh, Oh My God, juga Suami-Suami Takut Istri The Movie.

Jika tahun ini jumlah film Indonesia yang beredar mencapai 80 judul, bisa dipastikan, tahun depan akan sampai di angka 100 judul. Sederet judul film sudah siap dirilis. Film Ketika Cinta Bertasbih yang sedang diproduksi, rencananya siap edar Maret 2009. Sementara sekuel LP berjudul Sang Pemimpi, saat ini sedang memasuki tahap riset dan siap syuting awal tahun depan.

Genre film horor, drama, dan komedi tetap akan mewarnai film Indonesia. Sementara dari jenis komedi, sekuel Suami-Suami Takut Istri The Movie, rencananya akan kembali dirilis tahun depan. Yetta

Foto : Willem