Dangdut Mania Dadakan 4 Super

By nova.id, Jumat, 7 November 2008 | 07:08 WIB
Dangdut Mania Dadakan 4 Super (nova.id)

Dangdut Mania Dadakan 4 Super (nova.id)

""

Selasa (4/11) Audisi 'Dangdut Mania Dadakan 4 Super (DMD-4) yang di gelar secara serentak di 4 kota, November lalu, berlangsung heboh. Ribuan peserta terlihat begitu antusias menanti pembagian nomor urut tampil walaupun harus mengantri panjang sejak pagi hari. Mereka tak terkesan letih riang dan tetap gembira.

Menariknya, audisi yang digelar di 4 kota besar tersebut, Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya ini diikuti 3.350 peserta dan hanya 200 peserta saja yang 'berkualitas' memiliki tiket untuk maju ke babak selanjutnya di Jakarta. Dua ratus peserta ini akan mewakili 20 kategori dengan 10 orang peserta untuk masing-masing kategori.

Dari ke-20 kategori tersebut, yakni 'Sering Naik KRL', Bisa Pop Bisa Dangdut' , 'Anak Rantau', 'Lagi Jomblo', 'Playboy Insyaf', 'Anak Bandung Gaul', 'Angkot Mania Bandung', 'Spesialis Lagu Sakit Hati', 'Cinta Bandung Sampai Mati', 'Cewek Pasundan', Penyanyi Campur Sari', Penggemar Gudeg atau Bakpia', 'Cinta Ibu', 'Anak Kost Jogja', 'Seniman Jogja', 'Menderita Gara Gara Lumpur Lapindo', 'Pernah Lihat Gendruo', 'Artis Lokal Jatim', 'Penggemar Tuan Takur' dan 'Fans Berat Koplo Jingkrak'.

Kemampuan dari peserta ini dapat disaksikan setiap hari Senin-Rabu pukul 20.00-23.00 WIB. Dalam acara ini pemirsa tetap dapat melihat aksi seru Meneer Kriwil dan Meneer Hipong ketika 'mengeksekusi' peserta dalam audisi on air serta kawan mereka yang baru Menoor Nyap Nyap. Dan yang tak kalah menarik kehadiran Tuan Takur dan Putri Malu yang terkadang membuat pemirsa gemas, gregetan, serta celetukan-celetukan spontan dari pasangan host kompak Ramzi dan Anya Dwinov.

Menyaksikan tontotnan di episode perdana 'DMD 4 Super', 'Anak Rantau' begiitu heboh dan seru. Dipilih 'Anak Rantu' oleh TPI, sebagai pembuka di ajang 'DMD 4 Super' ini. Santy pun berhasil terpilih sebagai Juara Episode 1 dan berhasil mengalahkan 9 peserta lainnya. Gadis asal Sukabumi ini mampu meyakinkan Tuan Takur dan seluruh pemirsa TPI dan menggalang dukungan SMS terbesar yakni 105 poin. Malam berikutnya pemirsa akan dihibur dengan penampilan 10 peserta dari Bandung yang tergabung dalam kategori 'Spesialis Lagu Sakit Hati' dan esok malam akan hadir 10 peserta dengan kategori 'Penyanyi Campur Sari' dari Jogjakarta.

Sistem permainan yang unik masih diterapkan di 'DMD 4 Super'. Di mana setiap episodenya diikuti oleh 10 peserta yang harus menjalani tes awal atau disebut 'Audisi On Air'. Pada babak ini ke-10 peserta diminta untuk menirukan lagu dan tarian yang dibawakan oleh juri sekaligus penasihat di 'DMD 4 Super'. Lima peserta yang dianggap layak akan lolos ke babak selanjutnya dan harus mampu memenuhi tantangan baik yang dipilih sendiri maupun yang diberikan oleh Tuan Takur. Jika peserta mampu melewati tantangan tersebut maka ia akan memperoleh poin dan bonus dari Tuan Takur serta nilai dari perolehan polling sms. Namun jika peserta tersebut gagal melewati tantangan Tuan Takur, otomatis ia akan gugur dan posisinya bisa digantikan oleh peserta lain yang tidak lolos di babak awal.

Setiap peserta memperoleh nilai yang berasal dari penilaian Tuan Takur dan polling sms. Peserta dengan nilai tertinggi akan menjadi juara episode. Para juara di setiap episode dikumpulkan dan akan ditandingkan kembali di babak Semi Final. Sistem kompetisi belum berakhir sampai di sini karena para juara juga akan bersaing lagi di babak Final dan Grand Final untuk menentukan juara 'DMD 4 Super' yang sesungguhnya.

He he he he, mau tau serunya 'Dangdut Mania Dadakan 4 Super'? Tonton terus tayangannya setiap Senin-Rabu pukul 20.00 WIB di layar TPI. M.Nizar