Tips Agar Anak Bebas dari Kecelakaan Selama Pengasuh Mudik

By , Sabtu, 24 Juni 2017 | 06:00 WIB
Tips agar anak bebas dari kecelakaan selama pengasuh mudik (Nova)

Anak-anak seringkali tidak memahami risiko kecelakaan. Karena itu, orangtua dan pengasuh ialah sosok yang bertanggung jawab untuk selalu melindungi anak-anak dari kecelakaan sekecil apapun, tak terkecuali selama pengasuh tidak ada saat mudik Lebaran.

Risiko seperti terbakar, terpotong, terjatuh, terbentur, tenggelam, tersetrum atau kecelakaan di jalan raya harus bisa dicegah dengan mengetahui tempat-tempat di dalam maupun di sekitar rumah tempat kecelakaan mungkin saja terjadi.

Terlebih ketika momen Lebaran nanti, konsentrasi Anda akan terpecahkan akibat sibuk mengurusi segala keperluan rumah untuk menyambut Hari Raya maupun ketika berkunjung atau mengunjungi rumah kerabat. Pada situasi seperti ini, Anda butuh perhatian khusus agar anak bebas dari kecelakaan selama pengasuh Mudik.

Baca: Cara Melatih Anak Mandiri Tanpa Bantuan Pengasuh

Pada dasarnya, tips agar anak bebas dari kecelakaan dapat dimulai dari hal-hal yang sederhana namun kerap terabaikan. Misalnya, meletakkan kompor atau alat memasak setelah menyiapkan menu Lebaran di tempat yang sulit dijangkau oleh anak kita terutama usia balita. Begitu pula halnya dengan Anda yang memiliki kolam ikan atau kolam renang di rumah. Perhatikan kedalamannya meski hanya 10 cm saja.

Jika si pembantu infal Lebaran ataupun pengasuh sering ceroboh meletakkan berbagai cairan insektisida seperti semprotan nyamuk, cairan pembersih lantai, deterjen maupun semua yang berbahan kimia sembarangan, maka tugas Anda untuk memastikan semua barang dan produk tersebut tidak akan tersentuh oleh si buah hati.

Jangan juga menyimpan minyak tanah, bahan bakar, air aki ataupun oli di dalam kemasan botol minuman bekas yang akan menarik perhatian anak untuk meminumnya. Hal ini juga berlaku bagi semua bentuk obat-obatan seperti kapsul, tablet maupun sirup serta benda tajam seperti pisau dan gunting dari jangkauan anak. Tutupi semua kabel listrik dan stop kontak yang terbuka di dalam rumah agar anak bebas dari kecelakaan dengan memasukkan jarinya hingga kesetrum.

Baca: Cara Melatih Anak Mandiri Sejak Dini Sesuai Usia

Bagi Anda yang tidak terbiasa melakukan pekerjaan rumah, ada baiknya memastikan beberapa hal seperti hasil mengepel lantai yang sudah kering agar anak tidak terpeleset. Janga meletakkan barang atau mainan anak di tangga rumah karena sangat berbahaya. Awasi anak ketika ia sedang bermain di area balkon atau lantai atas rumah.

Khusus di luar rumah, pengawasan dan pencegahan agar anak bebas dari kecelakaan serta penculikan ketika Anda lalai memperhatikan kondisi si buah hati ketika direpotkan oleh urusan persiapan Lebaran dapat dilakukan dengan menuntun anak menyeberang jaoan, menghindari membawa balita di kursi atau pangkuan. Sebaliknya, gunakan kursi mobil untuk bayi dan gunakan sabun pengaman yang tersedia.

Semoga tips agar anak bebas dari kecelakaan di atas dapat bermanfaat dan bisa diterapkan selama si pengasuh tidak ada karena mudik Lebaran. Selamat mencoba

Sumber: Buku ‘Menjadi Orangtua Pintar’ (Ella Yulaelawati)