5 Momen Paling Berkesan Saat Lebaran yang Wajib Dimanfaatkan

By , Minggu, 25 Juni 2017 | 03:15 WIB
5 Momen paling berkesan saat Lebaran yang wajib Anda manfaatkan (Nova)

Mungkin artikel di bawah ini akan hampir sama dengan yang sering Anda temukan di tempat lainnya. Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri merupakan waktu spesial yang selalu ditunggu-tunggu oleh segenap umat muslim di dunia. Selain kembali suci, ada 5 momen paling berkesan saat Lebaran yang wajib Anda manfaatkan. Apa sajakah lima hal tersebut? Tabloidnova.com merangkumnya untuk Anda.

Saling memaafkan Siapapun tahu bahwa Idul Fitri tidak hanya bermakna kembali suci seperti bayi, tapi juga menjadi sebuah kesempatan untuk Anda saling memaafkan, baik untuk kesalahan yang terlihat atau tidak terlihat, maupun yang disengaja atau tidak disengaja.

Jangan sampai momen paling berkesan saat Lebaran ini tidak Anda manfaatkan untuk memberi maaf sekaligus meminta maaf dengan semua orang yang mungkin pernah bertengkar atau bermasalah. Bila jarak yang menjadi alasan, tak ada salahnya memulai permintaan maaf melalui pesan singkat, jejaring media sosial serta telepon.

Baca: 5 Pos Anggaran yang Wajib Disiapkan Saat Mudik Lebaran

Silaturahmi Mudik ataupun tidak, silaturahmi harus tetap terjalin dengan keluarga serta sahabat. Jadikan Lebaran sebagai momen paling berkesan untuk kembali berkomunikasi dengan mereka yang mungkin selama setahun tidak pernah Anda temui, salah satunya orangtua bagi yang tinggal berpisah atau saudara dekat.

Manfaatkan jatah cuti bersama dan cuti kerja untuk bersilaturahmi mengunjungi orang-orang yang jarang atau hampir tidak pernah Anda tengok. Anggap aja silaturahmi ini sekaligus plesiran bersama keluarga.

Baca: Begini Pendapat Perempuan Ibukota Soal Poligami

Bersih-bersih Entah apa alasan utamanya, namun Lebaran selalu dikaitkan dengan momen bersih-bersih, sebut saja membersihkan seisi rumah walau hanya setahun sekali, atau bersih-bersih isi lemari pakaian dengan mencuci koleksi lama ataupun sekedar berbagi pakaian lama yang masih layak pakai untuk disumbangkan.

Kebiasaan bersih-bersih juga terpancar dari antusiasme perempuan menyambut Lebaran seperti pergi ke salon, mengunjungi klinik kecantikan, maskeran wajah atau sekedar luluran agar kulit tampak bersih dan segar saat Hari Raya.

Bersedekah Ikhlas dan kegiatan memberi pada yang berhak menjadi kesempatan langka yang mungkin dimanfaatkan sebagian orang saat Lebaran saja. Bersedekah, berzakat atau menyumbangkan sebagian harta yang dimiliki besar manfaat dan pahalanya untuk diri sendiri.

Baca juga: 15 Hal Penting Persiapan Mudik Bareng Si Kecil Saat Lebaran

Jadi, manfaatkan momen berbagi kepada sesama saat Lebaran dalam bentuk apapun, termasuk menggelar acara buka puasa bersama anak yatim piatu maupun kegiatan open house untuk warga yang kurang mampu.

Banjir Rezeki Sadar atau tidak, Lebaran jelas menuangkan rezeki berlimpah pada setiap orang. Selain dana Tunjangan Hari Raya (THR), Lebaran juga kerap menjadi momen banjir rezeki pada sebagian besar orang, sebut saja undangan berbuka puasa gratis sekaligus reuni, lalu hadiah parsel Lebaran maupun kiriman amplop atau voucher belanja dari kolega Anda.

Jadi, manfaatkan 5 momen paling berkesan saat Lebaran agar senantias perayaannya tidak sekedar berganti busana baru saja, melainkan juga psikologis dan perilaku kita. Selamat Lebaran!