Waspadai Penyakit Radang Tenggorokan Akibat Iritasi Setelah Lebaran

By , Jumat, 23 Juni 2017 | 09:00 WIB
Waspadai penyakit radang tenggorokan akibat iritasi setelah Lebaran (Nova)

Tiga penyakit utama yang paling banyak dialami masyarakat setelah Lebaran ialah sakit maag, radang tenggorokan serta batuk dan pilek. Walaupun tidak selalu terjadi, namun ketiga penyakit tersebut kerap diderita orang setelah kurang waspada menjaga kesehatan fisik serta mengonsumsi makanan dan minuman kurang sehat yang khas dan biasa disajikan saat Lebaran.

"Jika sakit di bagian tenggorokan, batuk, susah bernapas, dan kadang disertai demam, waspadai tenggorokan (faring) sendiri, adenoid, dan amandel (tonsil palatina)," kata Dr. Cita H. Murjantyo, Sp.THT, dari RS Internasional Bintaro.

Lebih lanjut, Cita menjelaskan adanya tiga penyebab radang tenggorokan, yakni karena infeksi, alergi dan iritasi. Radang tenggorokan akibat iritasi seringkali menjadi penyebab utama penyakit radang tenggorokan setelah Lebaran.

Baca: Jangan Anggap Sepele, Penyakit Tiroid Bikin Perempuan Rentan Mandul

Adapun radang tenggorokan akibat iritasi disebabkan makanan yang terlalu padas, asam, panas, atau dingin dan jenis buah-buahan tertentu. Sementara, radang tenggorokan akibat alergi dipicu oleh zat penyebab alergi seperti makanan, minuman atau bahkan minyak goreng bekas yang masuk dalam tubuh. Meskipun alergi tidak dapat diobati, tetapi kita dapat menghindari penyebabnya dan menjaga daya tahan tubuh.

Baca: 5 Masalah Gigi dan Mulut yang Kerap Dialami Ibu Hamil

Minuman bersoda, alkohol atau minuman es yang sangat dingin juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit radang tenggorokan. Selain dua penyebab radang tenggorokan lainnya, infeksi bisa bersumber dari kesehatan mulut dan gigi, amandel serta sinusitis.

Baca: Berapa Batas Aman Konsumsi Minyak Goreng untuk Tubuh?

“Selain kuman, radang tenggorokan juga dapat terjadi karena virus, yakni saat pilek atau flu, dan akan hilang seiring sembuhnya penyakuit tersebut. Radang tenggorokan disebabkan kuman yang menular melalui ludah serta virus lewat udara,” jelas Cita pada tabloidnova.com .

Baca: Pusing atau Nyeri Kepala? Kenali Gejala dan Bahayanya Mulai Sekarang

Cita pun menambahkan jika makanan yang terlalu bergetah seperti buah-buahan dapat juga menyebabkan radang tenggorokan. Sedangkan, bagi mereka yang habis mudik atau berpergian setelah Lebaran, bisa juga menderita radang tenggorokan akibat kondisi cuaca dan perubahan suhu ekstrem serta debu.