Makeup Remover atau Sabun, Manakah Urutan Awal Saat Bersihkan Wajah?

By , Senin, 27 Juli 2015 | 12:17 WIB
Urutan pemakaian makeup remover saat mencuci wajah yang menggunakan makeup (Nova)

Seperti halnya urutan pemakaian serum wajah dan pelembap ketika melapisi kulit wajah sehari-hari, urutan awal saat membersihkan wajah yang menggunakan makeup juga kerap menjadi pertanyaan para perempuan.

Pasalnya, sebagian mengklaim bahwa makeup remover sebaiknya diaplikasikan sebelum mencuci wajah atau persis setelah kita selesai melakukan aktivitas merias wajah. Namun, tak jarang sebagian lainnya mengatakan jika aplikasi makeup remover akan percuma, toh, nantinya wajah akan dibilas lebih bersih dengan air serta sabun pencuci. Jadi, manakah urutan awal membersihkan wajah yang tepat?

Baca: Tidak Perlu Mengoleskan Krim dan Serum Wajah Terlalu Banyak

Mariyani, terapis kecantikan kulit dari klinik Merivi di bilangan Jakarta Barat mengungkapkan jika pemakaian makeup remover sebenernya bertujuan hanya sebagai tahap pembersihan sementara, karena sejatinya zat pengawet dan pewarna pada kosmetik hanya bisa luntur dan bersih dengan air yang sudah diberi sabun busa pembersih.

Baca: Perlukah Aplikasikan Bedak Padat Saat Pakai CC Krim?

“Jika maksud pemakaian makeup remover hanya untuk membuat proses pencucian wajah lebih singkat, maka penggunaan makeup remover disarankan di awal. Tapi, bila Anda penganut langkah pembersihan sebagai ritual malam kecantikan, maka makeup remover berjenis mineral yang melembapkan dapat diaplikasikan setelah mencuci wajah,” ujar Mariyani menjelaskan urutan awal membersihkan wajah bagi yang menggunakan makeup pada tabloidnova.com .

Baca: Ini Alasan Mengapa Perempuan Indonesia Perlu Pakai Serum Wajah

Berbeda halnya dengan pendapat dr. Luciana Hendrawan dari Beautyme Clinic, Bandung, Jawa Barat. Dokter Luciana memaparkan jika fungsi makeup remover sudah semestinya dikenakan sesuai tujuannya. Makeup remover umumnya mengandung toner pembersih untuk mengangkat lapisan teratas zat kimiawi yang terdapat di produk kosmetik.

Makeup remover sekaligus menjadi tahap pre-awal untuk mengangkat minyak, bakteri, kotoran dan debu yang menempel sehingga wajah sudah dalam kondisi 50 persen cukup bersih sebelum mencuci wajah, itu jika teknik membersihkan wajah menggunakan makeup remover sudah tepat, ya” tutupnya.