Krisdayanti, Antara Musik, Bisnis, dan Politik

By nova.id, Senin, 17 Agustus 2015 | 04:00 WIB
Krisdayanti ( Foto: Caroline Pramantie / NOVA) (nova.id)

ahun 2015 rupanya membuat KD merasa jauh lebih matang memaknai dan menjalani hidupnya. Meski tetap wira-wiri di panggung musik, tapi ia mengaku sudah tidak ngoyo dalam mengais rezeki. “Usia saya sekarang 40 tahun. Begitu banyak pengalaman dan pemahaman baru. Saya sudah melalui dan merasakan semuanya selama 25 tahun berkarya, alhamdulillah,” tutur KD penuh syukur saat ditemui NOVA di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pasang surut berkarier di dunia hiburan memang tak mungkin terelakkan. Tapi, walau tawaran menyanyi tak datang sebanyak dulu, KD yakin ia tetap mampu menghasilkan karya baru berkualitas. Terbukti, belum lama ini, KD dipercaya membawakan lagu ciptaan Melly Goeslaw yang menjadi soundtrack film Surga Yang Tak Dirindukan.

Baca juga : KD Berbisnis Pakaian Muslim Khusus Wanita, Ini Harganya

“Sebetulnya tawaran ini sudah lama diterima oleh manajer saya. Dan saya terpilih berdasarkan sebuah polling. Cuma karena saat itu saya sedang konsentrasi mempersiapkan konser, makanya disimpan dulu. Baru setelah itu saya take vocal,” ujar KD yang bisa menyelesaikan rekaman tak sampai 1 jam.

Alasannya, “Saya terlalu mendalami lirik yang menyuarakan suara hati para perempuan. Rekaman bisa selesai dalam waktu 45 menit saja.” Pengalaman baru sebagai pengisi soundtrack film layar lebar pun membuat KD bersyukur karena bisa tetap produktif, “Semoga ini bukan hanya sekadar tempelan, tapi lagunya bisa meledak di pasaran. Jujur saya merasa terhormat bisa terlibat dalam film tersebut,” lanjutnya.

Tak tanggung-tanggung, KD juga sepenuh hati ikut mempromosikan lagu yang berjudul sama dengan film tersebut. Misalnya, ketika ikut bersama pemain dan tim rumah produksi ke Yogyakarta, KD sempat memberi kejutan pada seluruh penumpang saat pesawat mengudara, “Ini pengalaman unik saya sejauh berkarya. Awalnya, sih, sempat khawatir kalau penumpang terganggu. Tapi saat dibuat gimmick, saya pun menjelaskan soal promo lagu ini. Akhirnya saya nyanyi dan menghibur semua penumpang, senang mereka memberi tepuk tangan meriah,” ujar KD sumringah.

Baca juga : KD Beraksi Dengan 3 Musisi Pria Dalam Konser Traya

Di hari yang sama, KD pun kembali lagi ke Jakarta. Melihat kesibukannya seperti itu, bagaimana respons sang suami, Raul Lemos? “Izin suami adalah hal utama yang jadi pertimbangan saya menerima pekerjaan. Jadi, saat ada tawaran sebagus ini, why not? Gejolak itu langsung ada dan saya tanya Raul. Alhamdulillah, dia mengizinkan.”

Mengecap asam garam di dunia musik, tahun ini pula KD mencoba bidang baru. Siapa menyangka ia tertarik merambah bisnis. Sering mendampingi Raul untuk kegiatan bisnisnya, KD lambat laun tertular. Ia pun tertantang agar bisa mengikuti jejak sang suami. “Raul memang mengharapkan saya punya kesibukan lain. Meski musik tetap berjalan, tapi paling enggak saya ada kegiatan di luar dunia hiburan. Makanya Raul ingin saya bisa belajar bisnis. Siapa tahu kelak saya bisa meneruskan bisnisnya juga,” ujarnya.

Keinginan tersebut pun terwujud lewat bisnis busana muslim yang dijalankan secara online. Tepatnya, di bulan Ramadan lalu, KD menggandeng sahabat sekaligus desainer untuk berjualan kerudung dan busana bermerek lusense_kd. Ide desain dari kolaborasi keduanya pun cukup menarik. KD menuangkan nuansa busana muslim bergaya Libanon dan Qatar. “Kami punya look beda, tapi tetap dapat menginspirasi dalam berbusana muslim,” tuturnya. Bisnis tersebut memang belum lama berjalan, tapi KD mengaku sudah memetik hasil yang manis. Ia tak percaya, pemasukan dari bisnis bisa melampaui perkiraannya, “Laporannya sangat luar biasa terutama di bulan Ramadan kemarin. Makanya gimana Raul enggak tambah mendukung? He he he,” tukasnya.

Baca juga : Anang Selalu Doakan Krisdayanti

Selain gencar berpromo, KD juga mulai mengubah penampilannya. Sejak Ramadan lalu, ia mulai sering terlihat mengenakan busana muslim. “Saya mencoba untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Saat saya berbisnis busana muslim tentu penampilan saya harus representatif.”

Inikah langkah perlahan KD untuk berhijab, seperti yang diharapkannya ketika berulang tahun ke-40 beberapa waktu lalu? Ia pun tersenyum. “Insya Allah. Saat ini saya memang semakin memaknai kehidupan. Saya benar-benar ikhlas menjalani segalanya,” ungkap KD pelan.

Selain mulai berbisnis, ia juga tengah mempersiapkan masa depannya yang lain dengan mulai mengenal dunia politik. Ia mengaku tengah mencoba belajar segala sesuatu tentang bidang baru tersebut sebagai bekalnya kelak bila harus mendampingi Raul yang ada niatan terjun menjadi politisi.

Baca juga : Krisdayanti: Aku Sudah Siap

“Aku enggak mau hanya menjadi boneka tanpa mengerti politik. Tapi sekarang sama Raul mau membesarkan bisnis dulu dan nanti saat ke politik harus belajar benar-benar,” ungkap KD yang bersedia mendampingi Raul ke Timor Leste bila hal itu terjadi.

Namun, di sisi lain rupanya KD dan Raul juga memiliki mimpi lain untuk masa depan keluarga. Hal itu sempat tersirat saat mereka berlibur bersama ke Bali bulan lalu. Ya, bila tak ada aral melintang KD dan Raul juga memiliki rencana memboyong anak-anak mereka untuk menetap di Bali kelak. “Tapi, sekarang, sih, menjalani hidup dengan tenang dulu sambil menemani suami dan anak-anak sebelum kami pindah ke Bali,” katanya.

CAROLINE PRAMANTIE/Tabloidnova.com