Yang Bikin Orang Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama

By Felicitas Harmandini, Selasa, 28 Juli 2015 | 06:43 WIB
Matthew McConaughey mengaku jatuh cinta pada pandangan pertama pada Camila Alves. (Felicitas Harmandini)

Aktor Matthew McConaughey pernah mengatakan bahwa sang istri Camila Alves adalah cinta pada pandangan pertamanya. Ketika itu mereka bertemu di sebuah bar di Sunset Boulevard, Los Angeles.

Bagaimana orang bisa cinta pada pandangan pertama? Mengapa tak semua orang bisa mengalami cinta pada pandangan pertama?

Belum lama ini, para peneliti sosial menemukan jawaban ilmiah mengapa orang bisa cinta pada pandangan pertama. Ternyata, orang yang mulai berkencan dalam waktu sebulan setelah pertama bertemu umumnya sama-sama menarik, sedangkan mereka yang sudah lama mengenal atau yang berteman lebih dulu cenderung kurang setara dalam tingkat daya tariknya.

Dalam jurnal Psychological Science, para peneliti mengamati 167 pasangan (100 di antaranya menikah) sudah berpasangan selama tiga bulan hingga 53 tahun. Ketertarikan mereka satu sama lain dinilai oleh sebuah panel juri yang menyaksikan video ketika para partisipan itu diwawancarai.

Kesimpulannya, semakin baik kita mengenal seseorang, semakin baik kemampuan kita menilai bagaimana orang itu disenangi berdasarkan sifat-sifatnya, bukan sekadar penampilan fisiknya. Ketertarikan ini bisa berkembang seiring berjalannya waktu, menimbulkan perasaan cinta secara perlahan, demikian menurut para peneliti.

Dalam sebuah survei yang digelar Match.com pada 2012, sepertiga pria dan hampir separuh wanita yang disurvei mengatakan bahwa mereka jatuh cinta dengan orang yang pada awalnya tidak mereka anggap menarik.

"Setiap orang takut kencan online mengurangi ketertarikan berdasarkan sifat-sifat, sehingga menjadi sekadar hal-hal superfisial seperti kecantikan," ujar seorang anthropolog pada New York Times.

Namun, hal itu hanya merupakan awal dari proses. Begitu Anda bertemu seseorang dan mulai mengenal mereka, ketertarikan akibat daya tarik ini akan berubah. Sehingga, bukan tak mungkin pasangan yang awalnya mengaku jatuh cinta pada pandangan pertama kemudian berpisah atau bercerai.