5 Toko Online Populer di Seluruh Pelosok Dunia

By , Senin, 3 Agustus 2015 | 09:19 WIB
Belanja online makin marak, kenali 5 toko online populer di seluruh dunia. (Nova)

Tahun 2015 ini, orang-orang sudah lebih nyaman dan gampang percaya dengan sistem berbelanja online yang pertumbuhannya pesat. Bahkan diprediksi pada tahun yang sama, tren jual beli online di Indonesia akan mencapai puncaknya.

Meski belum ada kepastian berapa persentase pengguna internet yang masuk ke daftar besarnya jumlah pembelanja online, namun dari publikasi intens yang muncul setiap menit melalui berbagai media, termasuk radio dan televisi, pertumbuhan situs jual beli online terlihat nyata dan signifikan.

Kalau melihat sejarahnya, jual beli online pertama kali dilakukan di Inggris pada tahun 1979 oleh Michael Aldrich dari Redifon Computers.Ia menyambungkan televisi berwarna dengan komputer yang mampu memproses transaksi secara realtime melalui sarana kabel telepon. Sejak tahun 1980, ia menjual sistem belanja daring yang ia temukan di berbagai penjuru Inggris.

Baca: Sebelum Belanja, Kenali Jenis Toko Online dan Risikonya

Pada 1980, belanja online secara luas digunakan di Inggris dan beberapa negara di daratan Eropa seperti Perancis misalnya.Bukan menjual pakaian (fashion) justru Negara ini menggunakan fitur belanja online untuk memasarkan Peugeot, Nissan, dan General Motors.

Nah, pada tahun 1992, Charles Stack membuat toko buku online pertamanya yang bernama Book Stacks Unlimited yang kini berkembang menjadi Books.com  yang kemudian diikuti juga oleh Jeff Bezos dalam membuat situs web Amazon.com  dua tahun kemudian. Selain itu, yang paling akrab di telinga kita adalah pemesanan makanan Pizza Hut yang sudah eksis di online dengan membuka toko pizza online-nya. Menyusul pada 1994, Netscape memperkenalkan SSL encryption of data transferred online  karena dianggap hal yang paling penting dari belanja online adalah media untuk transaksi e-commerse yang aman dan bebas dari pembobolan (hacking).

Situs eBay  muncul tahun 1996 sebagai situs belanja online yang berkembang menjadi salah satu situs transaksi jual beli online terbesar hingga saat ini.Jadi, tanpa perlu menyebrangi samudera atau terbang ke berbagai negara, barang-barang luar negeri sudah bisa dipesan lewat situs yang tersedia. Ting nong!  Barang yang dipesan pun seketika sudah datang.Hati senang tak terkira, karena sudah percaya pada situs yang udah ada sejak lama.

Bukan hanya milik peradaban barat saja. Di Asia, Jd.com  sukses menjadi raksasa, dan menjadi toko online berpengaruh. Bersama rekan senegaranya Alibaba.com , perusahaan asal Cina ini sukses bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Berikut, toko-toko online yang sangat eksis dan pergerakannya perlu dicermati.