8 Fashion Item Wajib untuk Pengendara Motor

By nova.id, Senin, 10 Agustus 2015 | 04:04 WIB
Tetap gaya saat naik motor. (nova.id)

Sepeda motor memang merupakan kendaraan praktis bagi kaum perempuan yang punya banyak aktivitas. Entah itu untuk ke pasar, mengantar anak sekolah, mengunjungi rumah teman, atau ke kantor. Itu sebabnya perempuan cenderung memilih sepeda motor matic yang memang didesain untuk perempuan, dan kaya akan fitur, sehingga menjadi pilihan praktis untuk menunjang aktivitas mereka.

Selain memilih motor yang tepat, jangan lupa untuk berpakaian dengan aman dan nyaman saat mengendarai motor. Mengapa?

Banyak kecelakaan motor yang sebenarnya dapat dicegah, dan seringkali terjadi karena pengendaranya tidak mengenakan atribut pakaian yang sifatnya melindungi. Misalnya, kulit tangan koyak atau jari tangan lecet karena tidak memakai jaket dan sarung tangan yang berkualitas.

Untuk mencegah kejadian tak diinginkan tersebut, pastikan Anda mengenakan fashion item wajib untuk mengendarai motor berikut ini:

1. Jaket adalah pelindung utama saat mengendarai sepeda motor. Fungsinya untuk melindungi tubuh pengendara dan penumpang dari sengatan sinar matahari dan angin. Pastikan Anda memakai jaket dengan ukuran yang pas di badan. Selain tidak menghalangi gerak tubuh Anda, fitted jacket juga membuat penampilan Anda lebih stylish.

2. Meskipun jaket kulit merupakan outerwear khas untuk pengendara motor, Anda tidak harus memilih luaran jenis ini. Apalagi, dengan cuaca yang begitu panas. Anda bisa memilih jaket, blazer, sweater, atau kardigan dengan bahan katun, denim, atau apa pun sesuai kenyamanan Anda. Jika denim memberi kesan kasual, bahan sutera yang lembut bisa memberikan kesan yang lebih feminin.

3. Siapa bilang naik motor tidak bisa tampil gaya? Agar tetap dapat mengikuti tren, tinggalkan dulu pakaian warna hitam atau netral lainnya. Gantikan dengan atasan dengan warna-warna yang sedang trendi seperti coklat tua, karamel, atau nude. Yang pasti, pilih pakaian dengan warna-warna cerah agar tidak menyerap panas saat di jalan terutama di siang hari.

4. Jika jaket atau blazer terlalu panas untuk Anda, kenakan vest atau kaus lengan panjang dengan tambahan syal untuk menghalau angin. Pilih vest dari bahan denim atau parka dengan banyak saku untuk menyimpan beberapa barang Anda. Jika kaus Anda berbahan polos, pilih syal atau pashmina bermotif yang tidak terlalu tebal. Atau, pilih kaus lengan panjang bermotif nautical yang sedang ngetren sekarang, lalu padukan dengan syal polos dengan tabrak warna.

5. Kenakan celana panjang yang terbuat dari jeans atau berbahan tebal. Gunanya untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan mengurangi risiko terjadinya luka jika terserempet atau terjatuh. Pastikan juga Anda memakai celana panjang yang pas di badan, sehingga mampu memberi perlindungan pada tubuh bagian bawah. Hindari memakai celana panjang yang terlalu ketat sehingga membatasi gerak Anda.

6. Ingin membuat paduan yang lebih gaya? Kenakan jaket Anda yang maskulin dengan baju terusan atau rok yang feminin. Pakaian yang modis akan mengimbangi jaket Anda yang kasual. Namun, hindari memakai rok panjang selama mengemudi atau membonceng sepeda motor. Rok panjang yang “berkibar” akibat angin berisiko tersangkut atau mengenai rantai sepeda motor sehingga dapat menimbulkan kecelakaan.

7. Kenakan masker untuk menutupi hidung dan mulut supaya paparan polusi ke dalam tubuh berkurang. Selain itu juga untuk mencegah kulit jadi belang atau kemerahan karena terbakar matahari. Kenakan kacamata hitam untuk meredam silaunya sinar matahari serta mencegah debu masuk ke mata.

8. Sarung tangan barangkali termasuk aksesori yang sering dilupakan. Meski terlihat sepele, sarung tangan sangat berguna. Selain melindungi kulit dari sinar matahari, sarung tangan juga mencegah kulit tangan bersentuhan langsung dengan aspal jika terjadi kecelakaan atau terjatuh. Karena itu, pastikan memilih sarung tangan yang ukurannya pas di tangan, tidak terlalu besar atau terlalu kecil sehingga menyulitkan gerakan tangan Anda.

Semua fashion item ini tentunya tidak hanya berfungsi membuat Anda tampil gaya, tetapi juga memberi perlindungan sempurna agar Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Seperti juga motor matic TVS Dazz DFI yang memberikan beberapa fitur pengaman yang berguna bagi kaum perempuan. Di antaranya ban tubeless yang lebih tahan bocor, juga kapasitas tangki yang lebih besarsehingga mampu menampung bensin lebih banyak. Dengan fitur-fitur ini, perjalanan Anda menjadi lebih lancar dan nyaman!

ADV