Tips Memilih Sepeda Motor untuk Wanita Aktif

By nova.id, Senin, 24 Agustus 2015 | 08:13 WIB
TV Dazz DFI, motor matic yang cocok untuk wanita aktif. (nova.id)

Begitu banyak produk sepeda motor yang tersedia di pasaran, sehingga kadang agak membingungkan saat harus memilihnya. Apalagi, jika Anda baru pertama kali membeli motor. Semuanya memiliki spesifikasi yang berbeda. Akhirnya banyak orang, terutama kaum wanita, membeli motor karena terlihat canggih dan penuh warna pada brosurnya.

Tetapi, seperti apa sepeda motor yang sesuai untuk wanita aktif seperti Anda? Mungkin Anda akan mempertimbangkan untuk kesempatan apa motor itu akan Anda gunakan. Apakah untuk kendaraan sehari-hari, atau hanya untuk akhir pekan. Apakah untuk dikendarai di jalanan yang mulus dengan jarak jauh, atau di jalanan berbatu walaupun hanya dalam jarak dekat?

Pada dasarnya, ada empat hal yang perlu menjadi pertimbangan ketika memilih sepeda motor:

Kesesuaian antara lain berkaitan dengan tinggi jok dan berat motornya. Hindari membeli sepeda motor yang tidak dapat membuat kedua kaki Anda menapak di tanah saat mendudukinya. Sedangkan berat motor perlu dipertimbangkan karena Anda harus dapat mendorongnya ketika berdiri, dan melepaskan standar ganda saat akan mengendarainya.

Kesesuaian lain adalah mengenai panjang lengan dan kaki Anda, yaitu dari selangkangan hingga telapak kaki. Meskipun begitu, ada baiknya Anda mencoba tinggi jok yang berbeda-beda untuk mengetahui mana yang paling nyaman untuk Anda. Kemudian, pastikan tangan Anda mampu menggapai setang, dan kaki Anda dapat mengendalikan pedal. Sehingga ketika duduk di jok dan memegang setang, Anda merasa mampu mengontrol bodi motor Anda.

Ada alasan mengapa TVS Dazz DFI dirancang untuk kaum perempuan. Yaitu karena dengan dimensi panjang 1875 mm, lebar 670 mm, dan tinggi 1050 mm, sepeda motor matic ini memiliki bobot yang lebih ringan dan bentuk yang lebih ramping dari produk matic yang ada di pasaran.

Hal penting lainnya adalah ukuran mesin. Anda tentu tidak memerlukan motor canggih yang mesinnya melebihi kemampuan Anda menguasainya, kan? Ukuran mesin biasanya menggunakan satuan cc (cubic centimeter). Nah, TVS Dazz DFI memiliki mesin 100 cc, dengan mesin yang sangat responsif dan bisa dipacu maksimum 8,7 hp/7.500 rpm.

Dari sisi bentuk dan fungsi, yang perlu Anda ketahui adalah bahwa motor memiliki tipe-tipe yang berbeda. Masing-masing memiliki tampilan dan fungsi yang berbeda. Meskipun tampilan dan gayanya sangat ditonjolkan, yang lebih penting adalah fungsinya.

Kaum wanita tentu membutuhkan motor dengan bodi yang lebih ramping, dengan warna-warna yang cerah. Seperti halnya TVS Dazz DFI, yang memiliki desain dengan sudut lebih tajam, bodi yang ramping dengan balutan warna two tone. Peleknya pun racing, sehingga penampilan keseluruhannya terlihat agresif dan sporty.

Motor ini juga memberikan beberapa fitur pengaman yang berguna bagi kaum perempuan. Di antaranya ban tubeless yang lebih tahan bocor, juga kapasitas tangki yang lebih besar sehingga mampu menampung bensin lebih banyak.

Atribut lain yang tak kalah penting adalah kaitan tas yang berada di bawah jok motor dan di atas kompartemen tambahan, sehingga barang bawaan dapat dibawa dengan aman. Selain itu juga handphone charger yang terletak di bawah setang, sehingga Anda tinggal membawa kabel charger untuk dicolokkan. Tak perlu khawatir lagi jika Anda lupa men-charge baterai ponsel saat masih di rumah!

Untuk masalah dana, sebagai pengendara motor pemula Anda tentu tidak membutuhkan sepeda motor yang terlalu canggih dengan harga yang mahal, bukan? Cukup siapkan dana untuk sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

ADV