Takeru Kobayashi Terima Tantangan Makan Roti Sebanyak-banyaknya di Jakarta

By Felicitas Harmandini, Jumat, 28 Agustus 2015 | 05:13 WIB
Takeru Kobayashi menerima tantangan makan roti di Jakarta. (Felicitas Harmandini)

Takeru Kobayashi, seorang competitive eater legendaris yang memegang 7 rekor Guiness Book of Record, hadir di Jakarta untuk mengikuti #NewBreadlife Eating Challenge. Ini adalah tantangan makan roti Kuro Banana Cream sebanyak-banyaknya dalam waktu tiga menit. Tantangan makan roti untuk amal ini akan digelar oleh Breadlife pada Sabtu, 29 Agustus 2015, mulai pukul 16.00-22.00 di Tribeca Park, Mall Central Park, Jakarta.

Kobi, begitu sapaan Kobayashi, punya prestasi yang mencengangkan dalam lomba makan tingkat dunia. Meskipun tubuhnya tergolong kecil (tinggi 173 cm dengan berat 58 kg), ia sanggup menghabiskan 11 hamburger dalam 3 menit (2013), 1 pizza ukuran 12 inci dalam 1 menit 9, 36 detik (2012), 100 gram spageti dalam 45 detik (2011), 29 meatballs dalam 1 menit (2011), juga 49 hotdogs dalam 10 menit (2011). Masih banyak kompetisi makan cepat lain yang ia menangkan, mengalahkan para pesaingnya yang rata-rata bertubuh besar.

Pria yang dijuluki The Tsunami karena kemampuannya menyapu bersih makanannya dalam waktu singkat ini tidak akan "menikmati" Kuro Banana Cream-nya sendirian. Ia akan ditemani oleh delapan selebriti Indonesia, yaitu Melanie Subono, Demian Aditya, Sara Wijayanto, Enno Lerian, Sogi Indra Duadja, Nico Oliver, Augie Fantinus, dan Anya Dwinov.

Acara ini digelar sebagai aksi sosial, karena dari setiap roti yang dimakan Kobi dan para selebriti tersebut, Breadlife akan menyumbangkan Rp 500.000 untuk Rumah Harapan. Rumah Harapan sendiri merupakan gerakan sosial yang diinisiasi oleh Melanie Soebono untuk program pemenuhan gizi dan kesejahteraan bagi masyarakat di daerah tertinggal dan wilayah yang terdampak bencana alam.

"Manfaat eating challenge seperti ini tentu sangat besar. Indonesia sangat butuh bantuan-bantuan seperti ini, nggak hanya di daerah yang jatuh, tapi juga dekat  ibukota. Tahun ini fokus Rumah Harapan adalah pendidikan anak-anak, dalam hal ketersediaan guru. Selain itu juga memberikan bantuan sembako untuk guru-guru,  selain gaji," papar Nanet, salah satu pegiat Rumah Harapan, saat jumpa pers di Hong Kong Cafe, Central Park, Jakarta, Kamis (27/8) lalu.

Anda tak hanya dapat menonton aksi Takeru Kobayashi makan roti sebanyak-banyaknya. Sebab BreadLife juga membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk mengikuti tantangan makan roti ini. Caranya dengan membeli roti senilai minimal Rp 50.000 di gerai roti tersebut di Central Park, Sabtu (29/8), lalu mendaftarkan diri di booth #NewBreadLife Eating Challenge di Tribeca Park. Akan dipilih 10 peserta berdasarkan undian untuk mengikuti tantangan ini.

"Kalau makan nanti enggak usah maksa buru-buru, sesuai kemampuan saja. Kalau buru-buru nanti tersedak. Triknya, minum air sedikit, tahan di mulut, lalu masukkan roti. Baru semuanya ditelan," ujar Kobi, saat hadir di jumpa pers, memberi bocoran.

Bagaimana, mau mencoba menyamai kemampuan makan cepat ala Kobayashi?