Tips Langsing: Minum Setengah Liter Air Setengah Jam Sebelum Makan

By , Senin, 31 Agustus 2015 | 08:29 WIB
Tips Langsing: Minum Setengah Liter Air Setengah Jam Sebelum Makan (Nova)

Ingin tips tubuh langsing secara alami? Tenang, kabar terbaru datang dari para peneliti di Universitas of Brimingham yang mengklaim telah menemukan rahasia menurunkan berat badan. Rahasianya ialah minum setengah liter air setengah jam sebelum makan demi tubuh langsing.

Temuan ini merujuk pada hasil penelitian dari mereka yang meminum 500 ml air setengah jam sebelum makan dilaporkan mengalami penurunan berat badan sebanyak 4,3 kilogram selama 12 minggu. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, para peneliti mengungkapkan jika tips tubuh langsing ini sangat sederhana dilakukan dan mudah dipromosikan dalam berbagai kampanye kesehatan masyarakat.

Baca: Benarkah Khasiat Air Alkali Lebih Banyak daripada Air Putih?

Untuk meyakinkan hasil penelitian dan mendapat kesimpulan yang akurat, beberapa orang dewasa dengan berat badan berlebih direkrut dan dimonitor selama 12 minggu. Masing-masing orang tersebut diberi konsultasi manajemen berat badan, dimana terdapat anjuran menerapkan pola hidup dan pola makan sehat serta menambah tingkat aktivitas fisik.

Baca: Makan Secara Teratur, Tips Diet Terbaik Menjaga Berat Badan

Kemudian, setengah dari jumlah tersebut diminta untuk meminum air sebelum makan, setengah lainnya disarankan membayangkan bahwa mereka memiliki perut penuh sebelum makan.

Baca: Benarkah Sering Buang Air Besar Bisa Bikin Kurus?

Data mencatat, mereka yang berada di kelompok pertama kehilangan berat badan 1,3 kilogram lebih banyak dari orang-orang dalam kelompok lainnya. Para peserta yang melaporkan selalu minum air sebelum jadwal makan sehari tiga kali juga dilaporkan mengalami penyusutan berat badan hingga 4 kilogram lebih.

Sementara, mereka yang dalam satu hari hanya sekali minum sebelum makan atau bahkan tidak sama sekali rata-rata hanya kehilangan berat badan sebesar 0,8 kilogram saja.

Baca: Minum Delapan Gelas per Hari untuk Tubuh Sehat itu Bohong, Benarkah?

Fakta ini akhirnya berujung pada kesimpulan jika minum air setengah liter setengah jam sebelum makan adalah rahasia menurunkan berat badan. Penting diingat, air minum yang diperbolehkan untuk dikonsumsi hanyalah air mineral, sedangkan jenis minuman manis seperti soda, coffee latte maupun es buah sangat dilarang dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Obesity tersebut.

Baca: Seberapa Efektif Manfaat Minum Air Putih untuk Kecantikan Kulit?

“Keindahan penemuan ini adalah kesederhanaanya. Hanya minum setengah liter air, tiga kali sehari sebelum makan utama dapat mengurangi berat badan Anda. Ketika dilakukan rutin dan dikombinasikan bersama tips langsing seperti olahraga dan diet makana sehat, hasilnya akan mungkin semakin optimal,” papar Dr. Helen Parrerti, dosen klinis National Institute of Health Research (NHIR) dari Universitas of Birmingham.

Ade Sulaeman/intisari-online.com Sumber: Mirror UK