Rutin Hubungan Seks dengan Pasangan Bikin Hidup Lebih Sehat, Lo!

By , Selasa, 1 September 2015 | 03:15 WIB
Rutin Hubungan Seks dengan Pasangan Bikin Hidup Lebih Sehat, Lo! (Nova)

Sulit rasanya menyingkirkan sejenak korelasi seks dengan hawa nafsu dan kepuasan psikologis seseorang. Seks begitu lekat dengan pemenuhan libido serta permainan nakal demi menambah sensasi kenikmatan. Padahal, seks merupakan faktor penting dari gaya hidup sehat, lo! Benarkah?

Kesimpulan bahwa seks bikin hidup lebih sehat ternyata bukanlah isapan jempol belaka. Di luar aura erotis nan intim, seks memiliki segenap manfaat yang diklaim mampu membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Dilansir oleh Examiner, mari simak fakta manfaat seks untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Baca: Wow, Ternyata Manula Lebih Sering Berhubungan Seks Ketimbang Orang Muda!

Berat badan Berhubungan seks beberapa kali seminggu dapat membuat pengeluaran kalori kita jauh lebih besar dibanding latihan kardiovaskular pada umumnya. Dengan cara ini, tujuan menurunkan berat badan bisa lebih mudah tercapai.

Baca: Benarkah Vagina Jadi Longgar dan Besar Setelah Berhubungan Seks?   Meningkatkan metabolisme Secara pasti, seks merupakan latihan aerobik. Tergantung pada seberapa baik kita melakukannya, seks dapat membantu kita meningkatkan metabolisme. Ini baik untuk sistem kardiovaskular.

Baca: Seks Tepat Membuat Tubuh Lebih Sehat   Menghilangkan lemak tubuh Stres menyebabkan penumpukan kortisol, yang membuat tubuh sulit untuk membakar lemak secara efisien. Manfaat seks untuk kesehatan ialah terkait kortisol yang menjadi alasan utama mengapa banyak orang mengalami kesulitan membersihkan lemak. Nah, seks merupakan cara mudah untuk menekan munculnya stres, yang menimbulkan kortisol.

Baca: Pengaruh Hubungan Seks pada Otak Sungguh Tak Terduga (2)   Memicu “zat bahagia” Seks dikenal mampu meningkatkan zat kimia di otak yang membuat kita merasa bahagia, terutama serotonin, dopamine, dan norepinephrine. Karena kesehatan mental merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat secara keseluruhan, maka jelas seks memiliki manfaat penting bagi kesehatan.

Baca: Sehatkah Pernikahan Tanpa Seks?   Oksitosin Oksitosin adalah hormon yang dikenal terkait dengan seks yang juga bisa membangkitkan euforia dan kebahagiaan alami. Hal ini paling sering dipicu setelah orgasme dan sangat terkait dengan perasaan cinta dan saling memiliki. Semakin banyak oksitosin yang diperoleh, semakin kita merasa lebih bahagia.

Baca: Agar Anda Mampu Menikmati Seks Pagi Hari   Kekuatan Seks juga dapat memperkuat otot-otot. Beberapa posisi seks mirip dengan gerakan saat berolahraga. Sehingga beberapa otot tubuh dapat turut terlatih saat kita melakukan seks.

Ade Sulaeman/intisari-online.com Sumber: Examiner