3 Bumbu Penyedap Makanan yang tidak Sehat untuk Tubuh

By , Senin, 7 September 2015 | 06:00 WIB
3 Bumbu Penyedap Makanan yang tidak Sehat untuk Tubuh (Nova)

Mungkin pola makan kita sudah cukup terjaga dengan menghindari segala jenis olahan makanan yang digoreng maupun dibekukan. Sayangnya, terdapat 3 bumbu penyedap makanan yang tidak sehat untuk tubuh. Mirisnya lagi, ketiga bumbu penyedap makanan yang tidak baik untuk kesehatan ini hampir selalu kita konsumsi setiap hari, bahkan selalu kita simpan dan disediakan di meja makan.

Nah, apa sajakah tiga bumbu penyedap makanan yang tidak sehat untuk tubuh?

Kecap Kecap adalah campuran garam dan gula. Dalam satu takar kecap (9 gram) saja sudah terkandung garam yang setara dengan 4% kebutuhan sodium harian kita. Bila kita menambahkan kecap pada makanan yang sudah tinggi lemak, maka tubuh akan mendapat asupan garam yang tinggi. Kecap juga mengandung gula sehingga sebaiknya kita membatasi bumbu yang satu ini.

Baca: Benarkah, MSG Tak Bahaya Bagi Tubuh?

Salad Dressing Saat memakan salad kita mungkin merasa sudah mengonsumsi makanan yang sehat dan rendah kalori. Sayangnya, terkadang salad kita dilengkapi dengan dressing yang tidak sehat. Banyak bumbu salad yang mengandung pengawet, pewarna buatan, garam, dan gula.

Baca: Makanan Untuk Hipertensi, Kolesterol, Jantung, dan Asam Urat

Ada dressing salad yang dua sendok saja sudah mengandung garam setara dengan 25% kebutuhan sodium harian kita. Jika kita ingin memakan salad, pilihlah dressing yang sehat seperti olive oil murni.

Kecap asin Seperti namanya, kecap asin sangatlah asin dan mengandung banyak garam. Dalam satu sendok makan kecap asin terkandung 900 miligram sodium yang setara dengan 37% kebutuhan harian kita. Kecap asin juga terkadang mengandung MSG yang tidak baik untuk tubuh.

Baca: 9 Makanan Penyebab Migrain yang Perlu Dihindari

Jadi, sangat disarankan jika kita ingin mengonsumsi makanan yang sungguh-sungguh sehat, maka sebaiknya menghindari bumbu penyedap makanan yang tidak menyehatkan tubuh seperti di atas.

Lila Nathania/intisari-online.com Sumber: Yahoo