Ini Dia Produk Kecantikan yang Tidak Disarankan untuk Kulit Berminyak

By , Selasa, 15 September 2015 | 06:00 WIB
Ini Dia Produk Kecantikan yang Tidak Disarankan untuk Kulit Berminyak (Nova)

Harus diakui bahwa memilih produk kosmetik maupun produk perawatan wajah untuk jenis kulit berminyak memang susah-susah gampang. Salah sedikit saja, bukan tampilan wajah bersih dan mulus, melainkan timbunan jerawat dan komedo.

Punya kulit berminyak sebenarnya memiliki kelebihan seperti diklaim lebih awet muda dan sebagainya. Tapi, merawat kulit wajah berminyak pun memerlukan kehati-hatian agar sebum (minyak) alami kulit tidak menumpuk dan justru memicu jerawat yang berujung pada pori-pori wajah yang melebar.

Baca: Solusi Riasan Wajah Bagi Kulit Berminyak

Jadi, adakah produk kecantikan yang tidak disarankan untuk kulit berminyak yang umumnya terkandung dalam sebuah produk perawatan kulit wajah yang banyak beredar di pasaran?

“Sebenarnya, bahan dasar kosmetika yang tidak direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah yang berbahan dasar yang sifatnya meningkatkan kelembapan akibat pemakaian sangat berlebihan,” terang dr. Kartika Ayuningtyas, dokter Euroskinlab cabang Kelapa Gading.

Baca: 5 Produk Kecantikan untuk Ritual Malam

Menurutnya, bahan-bahan dasar kosmetika untuk kulit kering sekalipun sebenarnya bisa juga digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat, tapi tergantung pemakaiannya. Pasalnya, kulit berminyak dan berjerawat pada dasarnya masih tetap butuh pelembap.

“Penting terutama perhatikan aturan pemakaian produk, terlalu banyak atau terlalu sering juga bisa membuat wajah mudah berminyak atau bahkan kehilangan kelembapan alaminya,” saran dr. Kartika pada tabloidnova.com