Ketahui Ciri-ciri Anak Sehat dari Segi Fisik dan Psikisnya

By nova.id, Jumat, 25 September 2015 | 09:28 WIB
Ketahui Ciri-ciri Anak Sehat dari Segi Fisik dan Psikisnya (nova.id)

Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia, ciri-ciri anak sehat tidak hanya dilihat dari segi fisik, namun juga dari segi psikis dan segi sosialisasinya. Terdapat 9 ciri-ciri anak sehat dari segi fisik, psikis dan sosialisasinya. Apa sajakah itu?

Pertama, ciri anak sehat umumnya ditandai dengan baik yang dapat dilihat dari naiknya berat badan dan tinggi badan secara teratur dan proporsional.

Kedua, ciri anak sehat lainnya adalah tingkat perkembangannya sesuai dengan tingkat umurnya, tampak aktif atau gesit dan gembira serta matanya bersih dan bersinar.

Baca: 7 Langkah Agar Bayi Sehat dan Kuat

Ketiga, anak dalam keadaan sehat dan nafsu makannya baik. Serta bibir dan lidahnya tampak segar. Pernapasannya juga tidak berbau tak sedap.

Keempat, kulit dan rambutnya tampak bersih dan tidak kering serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Baca: Memilih Jajanan Sehat Bagi Anak

Nah, secara sederhana, ciri anak sehat dapat dilihat dari segi fisik, psikis, dan sosialisasinya seperti sehatnya badan dan pertumbuhan jasmani yang normal. Kalau dari segi psikis, anak yang sehat itu jiwanya berkembang secara wajar, pikiran bertambah cerdas, perasaan bertambah peka dan kemauan bersosialisasinya baik.

Sedangkan, dari segi sosialisasi, anak semestinya tampak aktif, gesit, dan gembira serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Baca: Tahapan Pola Makan Sehat untuk Bayi Baru Lahir

Sumber: tabloid-nakita.com