Wah! Ternyata Kulit Bisa Rusak Sebelum Usia 18 Tahun

By nova.id, Senin, 28 September 2015 | 09:15 WIB
7 Fakta Tersembunyi Kecantikan Kulit yang Perlu Anda Ketahui! (nova.id)

Seperti halnya tubuh, kulit juga memerlukan nutrisi untuk menjaga kelembapan dan kecantikannya. Banyak perempuan tidak menyadari bahwa tampilan cantik tidak hanya didasarkan oleh pulasan kosmetik saja, melainkan juga kondisi kulit yang sehat serta terawat.

Terlebih, tekstur dan penampakan kulit kita sebenarnya menyimpan banyak rahasia. Makanya, menjaga kesehatan kulit menjadi hal penting yang wajib dilakukan. Berikut 7 fakta tersembunyi tentang kulit dan kecantikannya:

Kulit bisa rusak sebelum usia 18 tahun Ya, pada usia 18 tahun kulit kita benar-benar bisa rusak mencapai 50-60%. Hal ini disebabkan beberapa faktor, seperti pigmentasi, bintik-bintik, dan paparan sinar matahari.

Olahraga membantu mencegah keriput Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan produksi kolagen kulit yang kemudian dapat mengusir racun dari tubuh. Selanjutnya ini akan membuat kulit menjadi lebih sehat, bercahaya, dan mencegah keriput.

Baca: 7 Cara Kulit Tetap Kencang dan Elastis Saat Usia Menua

Penuaan menyebabkan kulit kusam Jika dibandingkan dengan kulit anak-anak, tentunya akan ada perbedaan tekstur kulit dengan kita. Apakah kita tahu ternyata ketika bertambah usia, maka kulit cenderung melepas lebih lambat dibandingkan dengan anak-anak. Akibatnya adalah kulit akan terlihat lebih kusam dan kering.

Tekstur kulit dapat menunjukkan masalah kesehatan Jika kulit kita terlalu kering, maka kemungkinan kita mengalmai ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Kemudian, jika ada kulit yang gelap di bagian sekitar tubuh tertentu, maka kemungkinanan kita kekurangan zat besi atau vitamin.

Baca: Rahasia Kulit Sehat Sebenarnya dari Ahli Dermatologi Dunia

Setiap orang memiliki pigmentasi kulit yang sama Meski kita memiliki warna kulit yang berbeda satu sama lainnya, namun semua orang memiliki pigmentasi yang sama. Yang membuat kulit menjadi berwarna gelap atau terang, dikarenakan kenaikan atau penurunan hasil pigmentasi.

Pijatan dapat membuat kulit relaks dan lebih baik Ketika kulit dipijat, maka akan membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh. Untuk pemijatan pada wajah secara teratur, akan membantu merangsang sel-sel kulit wajah yang kemudian meningkatkan produksi kolagen kulit. Hasilnya akan menjadikan kulit terlihat lebih muda dan lebih baik.

Baca: Seberapa Besar Manfaat Suplemen Kecantikan untuk Kulit?

Tangan kotor menyebabkan kerusakan kulit Tangan kita terdapat jutaan bakteri, sehingga ketika kita memiliki kebiasaan menyentuh wajah akan menyebabkan kulit rusak, misalnya timbul jerawat. Tangan yang bersih sangat berperan penting dalam perawatan kulit.

Monalisa Darwin/intisari-online.com Sumber: magforwomen