Mariah Idrissi, Model Perempuan Berhijab Pertama untuk H&M

By nova.id, Selasa, 29 September 2015 | 06:31 WIB
Mariah Idrissi, Model Perempuan Berhijab Pertama di Iklan H&M (nova.id)

Untuk pertama kalinya, label busana asal Swedia, H&M menampilkan model perempuan berhijab secara perdana. Model perempuan berhijab H&M tersebut ialah Mariah Idrissi. Mariah merupakan perempuan asal Inggris keturunan Pakistan-Maroko.

Tentang pengalaman menjadi model perempuan berhijab sekaligus model muslimah pertama untuk H&M, Mariah yang telah mengenakan hijab sejak usia 17 tahun tersebut mengaku sangat bersemangat.

“Rasanya perempuan yang mengenakan hijab selalu diabaikan dalam dunia mode. Jadi sangat luar bisa jika label sebesar ini memperkenalkan cara mengenakan hijab pada perempuan muda," ujar Mariah, model perempuan berhijab pertama untuk H&M.

Baca: Menyandang Disabilitas, Perempuan Cantik ini Jadi Model di Pekan Mode Dunia

Mariah dipilih untuk menjadi model video H&M yang bertajuk Close the Loop. Awal mula Mariah direkrut menjadi model, dia sendiri merasa ragu. Dengan izin dari orangtua, akhirnya dia memutuskan untuk mau menjadi model iklan.

Proses pembuatan iklan hanya melibatkan kru yang kebanyakan perempuan, dan kru pria tak diijnkan menyentuh Mariah.

Baca: Model Transgender Andreja Pejic Terpilih Menjadi Bintang Iklan Kosmetik Ternama

"H&M bertanya padaku seberapa banyak bagian leher yang boleh ditunjukkan. Tetapi sejujurnya mereka sangat menghormatiku," ceritanya pada Dailymail.

Mariah yang bermukim di London, saat ini sibuk menjalankan salon kecantikan ala Maroko. Akun instagramnya diikuti oleh lebih dari 3.400 follower. Hasil selfie Mariah sering mendapatkan pujian karena dia tampak bersahaja dan cantik mengenakan hijab.  

Baca: Gaya Model Rambut yang Cocok untuk Perempuan Berhijab

"Hijab itu meliputi tindakan seseorang berbicara, berjalan, berpenampilan, dan berpikir. Semua itu harus dilakukan dengan sopan santun dan dilakukan pria maupun perempuan,” kata Mariah dalam akun Instagramnya.

Selain Mariah, ada pula model lainnya yakni seorang model berukuran tubuh plus, petinju dengan kaki palsu, dan pria tua dengan tongkat.

Baca: Bentuk Alis Mata Ideal untuk Perempuan Berhijab

Silvita Agmasari/KompasFemale Sumber: Dailymail