Ini Bahaya Bermain Gadget saat Makan, Harus Tahu!

By nova.id, Rabu, 30 September 2015 | 03:30 WIB
Bahayanya bermain gadget saat makan, bahkan sampai membuat Anda 'mati', lo! (nova.id)

Ada yang mengatakan bahwa ketika makan tidak boleh bicara nanti tersendak. Pernyataan tersebut betul, sebab di meja makan diam itu emas. Namun, ada yang lebih bahaya dari berbicara saat makan, yaitu mengeluarkan ponsel. Pasalnya, bahaya bermain gadget saat makan dapat membuat kita ‘mati’.  

Mengeluarkan gadget saat di meja makan mungkin tampak tidak berbahaya, terutama jika orang lain yang melakukannya. Namun, sebuah baru yang dilakukan Pew Research Center mengungkapkan, ternyata sebagian besar dari kita juga melakukan hal cukup memuakan tersebut.

Studi tersebut menjelaskan soal bahaya bermain gadget saat makan yang membuat seseorang menjadi ‘mati’. Mati disini bukan meninggal, melainkan mati atau deadlock dalam pembicaraan, suasana, aktivitas makan yang terganggu karena fokus terailhkan pada ponsel.

Baca: Keseringan Main Gadget Bikin Anak Rentan Sakit Tulang Belakang

Penelitian tersebut menganalisis 3.127 orang dewasa untuk menimbang apakah mereka menyetujui atau tidak penggunaan gadget di berbagai tempat umum di beberapa tempat mulai diterima secara luas, seperti  ketika mengantri (74 persen) dan naik angkutan umum (75 persen).

Sebanyak 88 persen responden merasa mengeluarkan gadget  di meja makan umumnya bukan hal yang keren untuk dilakukan. Namun, 89 persen dari pengguna gadget mengaku menggunakan ponsel mereka pada salah satu atau cara lain seperti arisan terbaru mereka (makan malam atau sebaliknya).

Baca: Terlalu Sering Bermain Gadget Memicu Nyeri Tulang Punggung

Gadget tersebut digunakan paling sering untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan kelompok seperti posting foto  atau video, mendapatkan informasi yang berguna, atau menghubungkan dengan teman. 30 persen dari pengguna bahkan mengaku menyelam ke dalam ponsel mereka sebagai pelarian dari kelompok, yang mungkin sebagian besar konservatif.

Jadi, sebagian besar dari kita menemukan penggunaan gadget secara terus menerus merupakan hal yang memuakan, namun di satu sisi lain terkadang kita melakukan hal yang sama.

Baca: Apple Perkenalkan 5 Gadget Termutakhirnya, Tertarik?

Esra Dopita Maret/intisari-online.com Sumber: Thrillist