Mudahnya Membuat Nasi Putih yang Pulen

By Felicitas Harmandini, Kamis, 1 Oktober 2015 | 07:13 WIB
Philips Indonesia meluncurkan tiga rangkaian rice cooker terbarunya. (Felicitas Harmandini)

Seperti orang Italia yang tak bisa lepas dari pasta sebagai hidangannya sehari-hari, mayoritas orang Indonesia pun merasa sulit jika sehari saja tak makan nasi. Makan makanan apa pun, jika tak dibarengi dengan nasi, rasanya pasti belum makan. Tidak mengherankan jika dikatakan bahwa konsumsi beras di Indonesia masih yang paling tinggi bahkan di antara negara-negara lain di Asia.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Perdagangan menunjukkan bahwa konsumsi beras (rumah tangga dan restoran) di Indonesia mencapai 114kg/tahun. Padahal, rata-rata konsumsi nasi di Asia adalah 90kg/tahun.

Bukti lain bahwa nasi masih menjadi kebutuhan pangan utama orang Indonesia: 10 juta rice cooker terjual setiap tahunnya. Hal ini membuat pasar rice cooker tumbuh 10 persen. "Indonesia merupakan potensi market yang sangat besar. Kita tahu konsumen Indonesia membutuhkan rice cooker untuk memasak nasi," papar Maria Simanjuntak, Marketing Manager Domestic Appliances Philips Personal Health Indonesia, dalam acara Festival Nasi Indonesia, di The Hall, Senayan City, Jakarta, Rabtu (30/9).

Ia mengungkapkan, rata-rata jumlah anggota keluarga adalah 4-6 orang, termasuk pekerja rumah tangga. Umumnya mereka memasak nasi satu kali sehari, sehingga fungsi penghangat menjadi penting. Apalagi, banyak dari mereka yang baru pulang malam hari karena harus bekerja. Dari riset juga terungkap, "Nasi enak itu yang pulen, tetap hangat ketika disajikan, dan warnanya putih," jelas Maria.

Dengan pemikiran inilah, Philips memperkenalkan jajaran rice cooker terbaru – model Basic (Tipe HD3118), Premium (Tipe HD3127), dan Premium+ (Tipe HD3128)– yang secara khusus didesain untuk membantu para ibu menyiapkan nasi secara praktis setiap saat. Rangkaian terbaru rice cooker ini menawarkan warna, desain dan kapasitas sesuai kebutuhan dan pilihan konsumen Indonesia.

Untuk membantu Anda menyiapkan nasi yang selalu pulen, rangkaian rice cooker Philips terbaru ini menggunakan sistem pemanasan 3D yang memasak nasi dari segala arah. Saat nasi telah dimasak, fungsi menghangatkan otomatis dapat bekerja sampai 48 jam, sehingga nasi tetap hangat, pulen, dan segar.

Ketiga tipe rice cooker ini dilengkapi dengan panci lima lapis yang antilengket, mudah dibersihkan, serta tidak mudah tergores, sehingga lebih tahan lama. Lima lapisan panci bagian dalamnya terdiri atas: lapisan luar berwarna hitam; resin pelindung; logam campuran ekstra tebal; lapisan berteknologi ProCeramic yang telah dipatenkan Philips (champagne gold base); dan lapisan kristal super keras. Lima lapisan ini mampu menghantarkan dan menahan panas secara merata, untuk memastikan setiap butir nasi termasak sempurna.

Tipe Premium+ (HD3182) memiliki lapisan ProCeramic yang tiga kali lebih keras dari lapisan normal, sementara tipe Premium (HD3127) dan tipe Basic (HD3118) dilapisi oleh champagne gold base yang menyebarkan panas secara merata saat proses memasak.

Yang tak kalah penting, kapasitas rice cooker ini cukup besar, yaitu 2 liter, sehingga cukup untuk 14 anggota keluarga ataupun tamu. Selain itu, panci bagian dalamnya dilengkapi pegangan antipanas, sehingga mudah diangkat tanpa membuat tangan tersengat panas.