Agar Otak Terus Berfungsi, Kelompok Lanjut Usia Disarankan Main Game

By nova.id, Rabu, 7 Oktober 2015 | 04:30 WIB
Bermain game bermanfaat membuat otak lanjut usia tetap berfungsi. (nova.id)

Identik sebagai hiburan kesukaan anak-anak dan remaja, nyatanya bermain game bermanfaat membuat otak lanjut usia tetap berfungsi. Ya, manfaat bermain game bagi fungsi otak lanjut usia memang menjadi bukti jika bermain game tak melulu berpegaruh buruk.

Sebuah studi dari University of California, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa memainkan game yang menantang bisa meningkatkan kemampuan otak seseorang. Berita baiknya, bagi mereka yang berusia lanjut, di atas 65 tahun, memainkan game dengan genre yang sama bisa merangsang kemampuan otak agar tak cepat lemah.

Baca: Senang Main Gadget dan Sering Kesemutan? Waspada Neuropati

Dengan kata lain, game bermanfaat membuat otak lanjut usia tetap berfungsi.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengharuskan para orangtua untuk bermain game NeuroRacer secara rutin dalam waktu enam bulan. Setelah masa itu, para peneliti menyimpulkan, kemampuan mengingat para orang tua itu terbukti meningkat.

Baca: Ini Dia Bahaya Menyusui Sambil Main Gadget

“Mereka lebih berkonsentrasi dan memiliki ingatan lebih baik, misalnya dalam mengingat nomor telepon,” terang salah seorang perwakilan tim peneliti. Game lain seperti War Thunder juga dianggap bisa meningkatkan daya konsentrasi para lansia.

Jadi, manfaat bermain game untuk fungsi otak lanjut usia dapat Anda mulai terapkan pada orangtua atau mertua Anda di rumah.

Baca: Keseringan Main Gadget Bikin Anak Rentan Sakit Tulang Belakang

Moh. Habib Asyhad/intisari-online.com Sumber: Nextren